Share

Dukung Industri Otomotif, BI Berikan Insentif ke Perbankan

Iqbal Dwi Purnama, Okezone · Senin 27 Juni 2022 19:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 27 320 2619235 dukung-industri-otomotif-bi-berikan-insentif-ke-perbankan-3JIWZ0JFsP.jpg BI beri insentif untuk dukung sektor industri. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Deputi Gubernur Bank Indonesia, Dody Budi Waluyo mengatakan BI siap untuk mendorong pertumbuhan sektor otomotif di Tanah Air.

Salah satu dukungannya adalah pemberian insentif kepada perbankan.

"Selain kebijakan moneter BI juga mendukung langkah pemerintah untuk sektor otomotif," ujar Dody dalam acara Autoparts Bussiness Forum Indonesia - Jepang, Senin (27/6/2022).

Dody menjelaskan BI siap memberikan insentif kepada perbankan yang memberikan dukungan permodalan kepada para pelaku IKM (Industri Kecil Menengah) di sektor otomotif.

 BACA JUGA:Bank Indonesia Waspadai Tekanan Inflasi Akibat Harga Energi dan Pangan Global

"Salah satu kebijakan dalam bentuk memberikan insentif kepada perbankan di Domestik yang memberikan landing kepada sektor otomotif," sambung Dody.

Sektor otomotif merupakan industri yang memiliki multiplier effect yang kuat terhadap perekonomian.

Hal itu dimungkinkan karena banyak industri pendukung dibelakangnya yang mampu menyerap banyak tenaga kerja.

Sebelumnya Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (AGK) juga menyinggung terkait IKM sektor otomotif yang masih sulit mendapat permodalan dari perbankan.

"Kemarin saya mendapat keluhan dari pelaku IKM sektor otomotif, dimana teman-teman pelaku ini masih kesulitan untuk mendapatkan permodalan, karena dianggap perbankan IKM sektor otomotif mempunyai risiko yang tinggi," kata Menperin.

"Kualitas dari produk yang dihasilkan dari produk IKM sektor otomotif di Indonesia tidak perlu lagi kita ragukan, saat ini sudah ada sekitar 122 IKM sektor otomotif dengan produknya telah memenuhi standar internasional," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini