Share

4 Ikan Ekspor Indonesia Paling Populer, Jepang Langganan Ikan Tuna

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Selasa 28 Juni 2022 21:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 28 320 2619651 4-ikan-ekspor-indonesia-paling-populer-jepang-langganan-ikan-tuna-eZnleOaRbu.jpg Ekspor Ikan RI (Foto: Okezone)

JAKARTA - Empat Ikan ekspor Indonesia yang paling populer ini telah dikirim ke berbagai negara. Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang memiliki luas laut sekitar 70% dari luas wilayahnya.

Sehingga potensi hasil lautnya sangat melimpah. Bahkan 30% dari perikanan di Asia Pasifik ada di Indonesia. Ditambah lagi, wilayah perairan Indonesia masuk ke dalam Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE).

Karena hasil lautnya yang sangat potensial ini, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) gencar mengekspor ikan-ikan hasil laut Indonesia ke luar negeri. Nah, berikut adalah 4 Ikan Ekspor Indonesia Paling Populer, Selasa (28/6/2022):

1. Ikan Tuna

Tuna merupakan salah satu komoditas ekspor terbesar Indonesia. Target ekspor ikan tuna adalah negara Jepang. Hampir setiap tahun nilai ekspor ikan tuna ke Jepang selalu naik. Tak hanya ke Jepang, ikan ini juga di ekspor ke Amerika Serikat . Nilai ekspornya bahkan bisa mencapai US$ 600 juta atau setara dengan Rp. 870 triliun.

2. Kakap

Berdasarkan data Food and Agriculture Organization (FAO) tahun 2014, hasil produksi ikan kakap di Indonesia mencapai nilai 129,7 ribu ton. Ikan kakap atau snapper ini merupakan salah satu ikan yang memiliki banyak peminat di berbagai negara, mulai dari negara ASEAN, Jerman, dan Rusia.

3. Ikan Tongkol

Ikan tongkol atau skipjack tuna merupakan ikan yang sangat populer di bagian Indonesia Timur. Selain diminati oleh kalangan lokal, ikan ini juga memiliki penggemar di berbagai negara. Indonesia menargetkan ekspor ikan ini ke Filipina, Cina, Jepang, Brunei, dan Timor Leste. Jumlah ikan tongkol yang dieskpor Indonesia bisa mencapai USD 200 juta.

4. Ikan Cakalang

Satu lagi ikan yang populer di Indonesia Timur, tepatnya Nusa Tenggara Timur, yaitu ikan cakalang. Ikan ini juga menjadi salah satu komoditas ekspor Indonesia baik dalam bentuk ikan segar maupun olahannya. Biasanya ikan ini diekspor ke Jepang, Cina, Filipina, Brunei, dan Timor Leste.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini