Share

Gaji ke-13 Cair, PNS: Alhamdulillah Buat Bayar Sekolah Anak Masuk TK

Feby Novalius, Jurnalis · Jum'at 01 Juli 2022 14:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 01 320 2621800 gaji-ke-13-cair-pns-alhamdulillah-buat-bayar-sekolah-anak-masuk-tk-gIZPtL2Bhp.jpg Gaji ke-13 PNS Cair. (Foto: okezone.com)

JAKARTA - Gaji ke-13 PNS sudah cair hari ini. Pencairan langsung dikirim ke masing-masing rekening PNS.

"Alhamdulillah gaji 13 udah cair," ujar Salah Satu PNS Lily, Jakarta, Kamis (1/7/2022).

Dirinya mengaku senang mendapat gaji ke-13 tahun ini. Uang yang didapat digunakan untuk memasukan anaknya ke Taman Kanak-kanak (TK).

Baca Juga: Cairkan Gaji ke-13 PNS, Begini Alasan Sri Mulyani

"Rencananya buat bayar sekolah anak masuk TK," tuturnya.

Dirinya pun berharap kondisi perekonomian lebih baik seperti sebelum pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

"Semoga tahun ini yang terakhir ya gaji 13 dan THR dipotong 50%. Tahun depan semoga udah full lagi," tuturnya.

Baca Juga: Gaji ke-13 Cair Besok, Segini Besaran yang Diterima PNS

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, pemberian gaji ke-13 tahun 2022 adalah wujud penghargaan atas kontribusi dan pengabdian aparatur negara dan para pensiunan di dalam penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi, melalui berbagai pelayanan masyarakat dan tugas yang tetap dijalankan apapun risikonya.

“Tahun ini, seiring dengan pemulihan ekonomi yang makin menguat, dan juga adanya penerimaan negara yang cukup baik diakibatkan karena pemulihan ekonomi yang menguat serta adanya kenaikan harga-harga komoditas, maka situasi APBN kita juga mulai berangsur-angsur menjadi lebih baik,” ujar Sri Mulyani.

Menkeu menjelaskan, gaji ke-13 diberikan sebesar gaji/pensiun pokok dan tunjangan yang melekat pada gaji/pensiun pokok berupa tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan struktural/fungsional/umum, dan 50% tunjangan kinerja.

“Kita mengharapkan dengan adanya tunjangan hari raya dan gaji ke-13, percepatan pemulihan ekonomi nasional akan makin didorong dengan menambah daya beli masyarakat, khususnya pada saat menjelang tahun ajaran baru, di mana kebutuhan terhadap belanja untuk kebutuhan anak-anak didik, biasanya dihadapi oleh para orang tua,” ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini