Share

Harga Tiket Pesawat Mahal, Penumpang Kapal Laut Melonjak

Shelma Rachmahyanti, MNC Media · Jum'at 08 Juli 2022 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 08 320 2625983 harga-tiket-pesawat-mahal-penumpang-kapal-laut-melonjak-zcSdubtGrI.jfif Penumpang Kapal Laut Meningkat. (Foto: Okezone.com/Pelni)

JAKARTA - Kapal laut menjadi alternatif di tengah mahalnya harga tiket pesawat. Kementerian Pariwisata mengungkapkan bahwa banyaknya masyarakat yang ingin bepergian namun tak sebanding dengan jumlah kursi pesawat.

Kondisi ini menyebabkan timbulnya hukum pasar, yaitu tiket pesawat yang naik gila-gilaan.

Dari data Pelini mencatat jumlah penumpang tercatat 146.344, lalu pada Maret 159.565, kemudian memasuki April tercatat 256.960.

Pada Mei tercatat 371.363 penumpang. Per 12 Juni jumlah penumpang tela menyentuh 125.792. Jika ditotal periode Januari sampai dengan Juni penumpang sudah nyaris 1,3 juta.

Baca Juga: Buka Tabungan Bisa Dapat Voucher Hotel dan Pesawat hingga Rp300.000? Begini Caranya!

Vice President Pemasaran Angkutan Penumpang PT Pelni Sukendra mengungkapkan, angka ini naik dibandingkan dengan low season periode Maret.

"Ada kenaikan rata-rata per minggu. Dibandingkan pada minggu low season periode Maret dan minggu kedua bulan Juni," kata dia, dalam keterangannya, Jumat (8/7/2022).

Menurut dia, sekarang banyak masyarakat yang beralih moda transportasi. Apalagi sekarang pembelian tiket kapal laut semakin mudah dan fasilitas yang ditawarkan tak ketinggalan zaman.

Baca Juga: Gajian Tiba, Saatnya Wisata Bareng Mister Aladin Mumpung Lagi Ada Promo hingga Rp150.000 Khusus Nasabah BNI

Sukendra mencontohkan KM Doloronda yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju Pelabuhan Yos Sudarso Ambon memiliki segudang fasilitas.

Mulai dari pembelian tiket yang kini lebih mudah yaitu memesan via website atau aplikasi Pelni Mobile. Dulunya pembelian harus ke kantor cabang Pelni.

"Ini mudah karena tak harus berdesakan dengana ntrean ketika membeli tiket. Hal ini juga membuat hilang para calo tiket bisa dilakukan oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun," ujarnya.

Kemudian untuk makanan juga lebih baik dibandingkan periode 7 tahun lalu. Dulunya Pelni masih menggunakan sterofoam yang tak ramah lingkungan. Kini menggunakan kotak makan yang ramah lingkungan.

Selanjutnya menu makanan juga sehat karena tak cuma nasi, lauk dan sayuran. Tak cuma itu diberikan suplemen berupa susu, jus atau biskuit yang mengkuti jadwal dari makanan hari ini.

Di kelas ekonomi juga ada terminal listrik untuk mengisi daya smartphone. Dulunya para penumpang mengantre di mengisi daya di kantin.

"Lalu tersedianya mini bioskop bahkan Play Station semakin memanjakan para penumpang. Ada juga kios kios makanan seperti Pelni Mart yang menjual berbagai macam jajanan. Lalu Dapoer Pelni yang menyediakan masakan siap saji, bahkan kios fesyen yang menjual pakian pria dan wanita juga tersedia dalam kapal," imbuh dia.

Sukendra menyebut sekarang semua kapal PELNI dilengkap dengan sinyal telepon dan sms tanpa data.

Sebenarnya, terdapat wifi yang bisa mengakses internet, namun itu hanya bisa digunakan untuk kebutuhan navigasi kapal. Namun, dengan adanya sinyal telepon di tengah laut merupakan sebuah perubahan besar bagi saya.

"Tak ada lagi kata-kata sulit sinyal ketika berlayar bersama Pelni. Semoga dalam beberapa waktu mendatang, sinyal internet sudah bisa menemani penumpang berlayar," imbuh dia.

PELNI sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak pada bidang transportasi laut saat ini mengoperasikan 26 Kapal Penumpang dan menyinggahi 76 pelabuhan serta melayani 1.058 ruas.

Selain angkutan penumpang, PELNI juga melayani 44 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di daerah tertinggal, terpencil, terluar dan perbatasan (3TP) di mana Kapal Perintis menyinggahi 281 pelabuhan dengan total 3.695 ruas. PELNI juga mengoperasikan sebanyak 16 Kapal Rede. Untuk pelayanan bisnis logistik, saat ini PELNI mengoperasikan 10 trayek Tol Laut serta satu trayek khusus untuk angkutan ternak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini