Share

Menteri Basuki Ungkap Masalah Air di Tengah Krisis Pangan

Iqbal Dwi Purnama, Okezone · Jum'at 08 Juli 2022 14:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 08 320 2626039 menteri-basuki-ungkap-masalah-air-di-tengah-krisis-pangan-ZmQ89yKiF8.jpg Menteri Basuki (Foto: Kementerian PUPR)

JAKARTA - Menteri Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan bahwa masalah air penting untuk menjadi perhatian seluruh negara ditengah ancaman krisis pangan.

Sebab menurutnya saat ini Indonesia sendiri dihadapkan oleh dua ancaman krisis, pertama adalah krisis pangan dan krisis energi. Salah satu membenahi dari ancaman krisis pangan adalah menjamin masalah air.

"Memang air menjadi fokus utama kita, seperti disampaikan sebelumnya, kita menghadapi 2 krisis, yaitu pangan dan energi," ujar Menteri Basuki dalam sambutannya pada acara National Stakeholders Forum, Jumat (8/7/2022).

Menteri Basuki menjelaskan salah satu cara untuk menghadapi krisis pangan adalah dengan cara availabelity of food meningkatan produksi komoditas pangan, sebagai cadangan bahkan makanan.

"Meningkatan produksi tidak bisa dilakukan tanpa ada ketersediaan air," lanjut Menteri Basuki.

Oleh karena itu sebagai penyelenggara WWF (World Water Forum) pada tahun 2024 diharapkan bisa menghasilkan solusi minimal untuk ketahanan sumber daya air di Indonesia, dan pada umumnya untuk dunia melalui perumusan kebijakan.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Walaupun komponen air hanya mendukung 18% dari keseluruhan proses produksinya padi, tapi tanpa 18% semua 0, ada tanah, ada pupuk, petani, tidak ada air tidak bisa tumbuh," kata Menter Basuki.

"Jadi memang air adalah faktor utamanya dalam mempengaruhi produksi pangan sehingga relevan sekali saat ini untuk mengelola air dengan sangat baik," sambungnya.

Sekedar Informasi, pada penyelenggaraan kegiatan WWF 2024 mendatang, Indonesia menjadi negara berkembang pertama yang diberikan kesempatan menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan hal tersebut.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini