Share

Ada 4 Koridor Transportasi Cerdas di IKN Nusantara

Iqbal Dwi Purnama, Okezone · Kamis 14 Juli 2022 21:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 14 470 2629811 ada-4-koridor-transportasi-cerdas-di-ikn-nusantara-Le75pOXc4Y.jpg IKN Nusantara (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara digadang-gadang bakal mengusung konsep smart city atau kota cerdas. Sehingga teknologi yang digunakan bakal lebih maju ketimbang kota di Indonesia lainnya yang ada saat ini.

Kepala Otorita IKN Nusantara (OIKN), Bambang Susantono mengatakan setidaknya ada 4 koridor transportasi cerdas yang akan menjadi moda angkutan masal di IKN Nusantara.

Menurutnya dalam pengembangan sistem transportasi cerdas di IKN terdapat tiga hal yang perlu diperhatikan. Pertama, integrasi dengan rencana induk transportasi, lalu sistem yang dikembangkan harus mampu menjawab tantangan teknologi transportasi di masa depan.

"Terakhir, teknologi yang dikembangkan harus sesuai kapasitas institusi yang menjalankannya," kata Kepala OIKN, Bambang dalam webinar Intelligent Transport System (ITS) dengan tema Merancang Transportasi Cerdas di Ibu Kota Nusantara, Kamis (14/7/2022).

Menurutnya ITS (Intelegent Transport System) di Indonesia dapat berperan besar dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara, terutama di bidang investasi, pengetahuan dan jaringan.

Lebih lanjut Bambang menjelaskan dalam rencana induk, nantinya angkutan umum menjadi tulang punggung mobilitas IKN. Sehingga mobilitas masyarakat mayoritas akan diakomodir oleh angkutan umum.

Setidanya terdapat 4 koridor transportasi yang akan siap mengakomodir mobilitas masyarakat di IKN Nusantara, pertama adalah koridor regional dengan kereta regional dan juga jalan tol.

Selanjutnya koridor primer dengan kereta dalam kota, koridor sekunder menggunakan Bus Rapid Transit (BRT) listrik, serta koridor tersier yang menggunakan kendaraan listrik otonom, sepeda, dan bus feeder.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini