Share

Menteri Basuki: Pembangunan Infrastruktur Bukan Hanya Fungsi, tapi Perlu Estetika

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Senin 18 Juli 2022 20:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 18 470 2631855 menteri-basuki-pembangunan-infrastruktur-bukan-hanya-fungsi-tapi-perlu-estetika-n9gNu3lHYs.jpg Menteri Basuki (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan ke depan pembangunan infrastruktur bukan hanya mementingkan aspek fungsi namun juga mempertimbangkan aspek estetika dari sebuah bangunan yang berdiri.

"Sehingga kedepan ini pembangunan infrastruktur tidak hanya fungsi dan struktur tetapi juga harus ke arah estetika," kata Menteri Basuki di Kantornya, Senin (18/7/2022).

Dia mencontohkan misalnya pada dalam proyek bendungan dalam membangun spillway, bukan hanya membangun penampungan air, namun dalam pembangunannya perlu melihat aspek estetika.

"Misalnya di bendungan, spillway, kami sudah men design, spilway nya tidak hanya beton tetapi juga mungkin di pasang dengan ornamen batu alam dan itu macam macam," sambung Menteri Basuki.

Mewujudkan hal tersebut Menteri Basuki berharap pada peranan Arsitek di Indonesia untuk mulai berkontribusi dalam proses pembangunan infrastuktur yang akan dibangun kedepannya.

"Tolong ini IAI (Ikatan Arsitek Indonesia) dan para Arsitekturnya, tidak hanya melulu di bangunan dan gedung, tetapi di semua bangunan infrastruktur," sambung Menteri Basuki.

"Ini macam-macam karena kita punya banyak arsitek yang kuat-kuat antara konsep dan design nya, sehingga kami berharap peran arsitek dalam pembangunan infrastruktur," lanjutnya.

Menurutnya kedepan keterlibatan para Arsitek bisa menjadi salah satu jalan agar bisa menciptakan bangunan dengan memenuhi aspek estetik. Sehingga bukan hanya bermanfaat, infrastruktur yang dibangun juga menjadi daya tarik masyarakat luas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini