Share

Infrastruktur Jadi Hambatan Pengembangan Kendaraan Listrik di RI

Kurniasih Miftakhul Jannah, Okezone · Jum'at 15 Juli 2022 14:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 15 320 2630184 infrastruktur-jadi-hambatan-pengembangan-kendaraan-listrik-di-ri-IJU4nVeQPa.jpg Kendaraan Listrik (Foto: Okezone)

BALI - Minimnya infrastruktur menjadi hambatan pengembangan mobil listrik di Indonesia. Infrastruktur yang dimaksud adalah tempat pengisian listrik yang belum dibangun secara masif.

"Kendaraannya dibangun masif tapi charging stationnya belum ada, ini jadi masalah. Charging station dibangun tapi pertumbuhan mobil listrik belum tumbuh dengan baik juga jadi masalah," kata Ketua Perhimpunan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) Moeldoko di Nusa Dua, Bali, Jumat (15/7/2022).

Selain itu, pendanaan dari sektor perbankan juga masih terbatas. Menurutnya, produsen kendaraan listrik masih sulit untuk mendapatkan pendanaan guna mengembangkan mobil listrik.

"Sampai saat ini masih ada kesulitan produsen mobil listrik dapatkan pembiayan dari perbankan. Perbankan belum memiliki kesadaran yang sama menuju green ekonomi," kata dia.

Di sisi lain, lanjut Moeldoko perlu ada kesardaran dari masyarakat dalam pengembangan kendaraan listrik.

Masyarakat perlu mendapatkan informasi utuh mengenai berbagai kemudahan dan hal lainnya mengenai mobil listrik.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Kesadaran masyarakat perlu diberikan penjelasan optimum tentang kendaraan listrik ini. Apakah baterai kena air gimana, minum kebakaran gak? Apakah baterainya tahan lama tidak dan lain-lain," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini