Share

Mendag: Harga Minyak Goreng di Mana-Mana Sudah Rp14.000

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Jum'at 22 Juli 2022 10:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 22 320 2634223 mendag-harga-minyak-goreng-di-mana-mana-sudah-rp14-000-LQNsREC8qv.jpg Mendag Zulkifli Hasan (Foto: MPI)

BOGOR - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifki Hasan menyatakan bahwa harga minyak goreng curah dan beberapa bahan pokok lainnya sudah mulai turun. Terutama pada minyak goreng curah rata-rata harga Rp 14 ribu perliter khususnya di Pulau Jawa dan Bali.

Hal itu dikatakannya usai meninjau harga minyak goreng dan kebutuhan pokok lainnya di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat (22/7/2022).

"Alhamdulillah sekarang kelihatan harga-harga sudah jauh lebih turun, jadi kalau minyak goreng sudahlah, minyak goreng curah itu dimana-mana bahkan di Jawa-Bali sudah di jual di bawah Rp 14 ribu, rata-rata Rp 13 ribu sampai Rp 13.500. Kalau Rp 14 ribu itu biasanya dia pake botol, jadi Alhamdulillah sudah berhasil, minyak sayur, minyak curah atau kemasan sederhana Rp 14 ribu atau di bawahnya," kata Zulhas.

Namun, Zulhas mengakui di wilayah Papua dan Maluku masih dipersiapkan untuk minyak goreng curah. Secepatnya, akan melakukan pengiriman secara besar-besaran bekerjasama dengan PELNI.

"Saya akui memang yang di Papua sedang kita persiapkan, kita kirim jumlah besar untuk ke Papua dan Maluku, kerjasama dengan PELNI untuk kirim besar-besaran. Agar turun, di sana masih mahal, masih Rp 23 ribu karena logistik. Di sana memang gak ada minyak curah, tapi Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi sebagian besar sudah Rp 14 ribu jadi ini sudah berhasil," jelasnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Sistem Penyaluran BLT BBM yang Dijalankan Sudah Bagus

Kemudian, untuk harga sembako dikatakannya masih stabil bahkan terdapat beberapa penurunan. Salah satu contoh penurunan harga yang signifikan adalah harga bawang, cabai rawit dan cabai keriting.

"Harga sembako sudah stabil, telur stabil, dulunya Rp 30 ribu sekarang Rp 28 ribu. Kalau ayam turun, kemaren Rp 40 ribu sekian sekarang sudah Rp 37 ribu-Rp 38 ribu. Yang turun banyak tuh bawang merah, dari Rp 70 ribu sekarang Rp 40 ribu, kita liat sendiri tadi. Cabai dari Rp 150 ribu sekarang Rp 70 ribu tadi sudah lihat, cabai kriting Rp 80 ribu. Jadi turun banyak artinya kita bersyukur bahan-bahan ada, ketersediaan ada, harga terjangkau kita syukuri," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini