Share

Ada PNS Dapat BLT UMKM Rp600.000, Ini Kata Kemenkop

Shelma Rachmahyanti, MNC Media · Rabu 27 Juli 2022 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 26 320 2636601 ada-pns-dapat-blt-umkm-rp600-000-ini-kata-kemenkop-nR5dq0nmiE.jpg PNS Dapat BLT UMKM (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah segera mencairkan BLT UMKM sebesar Rp600.000. Namun sebelum hal tersebut diproses.

Kementerian Koperasi dan UKM melakukan pengecekan calon penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) di Badan Kepegawaian Negara, Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) dan Kementerian Keuangan.

Deputi Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop dan UKM) Eddy Satriya mengatakan pihaknya memaksimalkan pengecekan calon penerima BPUM.

Hal ini menimbang evaluasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada tahun lalu yang mencatat masih terdapat penerima BPUM dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan TNI/Polri. Padahal bantuan sosial itu hanya untuk pelaku usaha mikro.

โ€œKita sudah meminta pimpinan-pimpinan (para ASN dan TNI/Polri yang memperoleh BPUM) memberikan semacam peringatan atau mengimbau mereka agar tak melakukan perbuatan yang sama,โ€ ungkap dia.

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

Sementara itu, Asisten Deputi Pembiayaan Usaha Mikro Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop dan UKM, Irene Swa Suryani, menambahkan, pihaknya mencatat penerima BPUM dari kalangan ASN dan TNI/Polri tak sebanyak perhitungan dari BPK.

โ€œTahun ini apabila program BPUM terealisasi, kami akan perbaiki temuan di tahun 2021. Pengecekan datanya fokus ke Dukcapil dan Sistem Informasi Kredit Program (SIKP), mungkin nanti Peraturan Menteri (terkait BPUM) akan diubah,โ€ kata Irene.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini