Share

Adu Kaya Putra Mahkota Arab Saudi Vs Pangeran Dubai

Feby Novalius, Okezone · Kamis 28 Juli 2022 19:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 28 455 2638077 adu-kaya-putra-mahkota-arab-saudi-vs-pangeran-dubai-LTryVBqDg5.jpg Pangeran Arab Saudi Mohammed bin Salman. (Foto: Okezone.com/Al Arabiya)

JAKARTA - Adu kekayaan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman dengan Putra Pangeran Dubai, Sheikh Hamdan bin Mohammed bin Rashid Al-Maktoum atau dikenal dengan Pangeran Fazza.

Menurut laporan Daily Star, Kamis (28/7/2022), yang beredar akumulasi kekayaan PIF milik bin Salman tersebut sebesar 320 miliar pound atau setara Rp6.176 triliun (kurs Rp19.300 per pound). Hartanya jauh di atas kekayaan pemilik Manchester City Sheikh Mansour yang memiliki kekayaan 23 miliar pound setara Rp443,9 triliun.

Mohammed bin Salman merupakan putra dari raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz. Pria kelahiran 31 Agustus 1985 tersebut menjadi Putra Mahkota Arab Saudi sejak 21 Juni 2017.

Baca Juga: Pernikahan Konglomerat Besanan Terjadi di Salim Group dan Djarum Group

Dirinya juga memiliki saham di Saudi Aramco, salah satu perusahaan energi terbesar dunia. Bahkan beberapa waktu lalu, Pangeran Muhammad bin Salman (MBS) mengalihkan saham Saudi Aramco ke Dana Investasi Publik (PIF).

Adapun besarannya 4% saham Aramco ke lembaga penampung dana abadi milik Kerajaan Arab Saudi.

MBS mengatakan, negara tetap menjadi pemegang saham terbesar di Saudi Aramco setelah proses transfer saham tersebut, karena mempertahankan lebih dari 94 persen saham perusahaan itu. Saham 4% itu bernilai hampir USD80 miliar (Rp1.147,5 triliun), berdasarkan kapitalisasi pasar perusahaan.

Sementara itu, Pangeran Fazza merupakan anak kedua dari Wakil Presiden sekaligus Perdana Menteri Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Rahsid Al-Maktoum.

Baca Juga: Elon Musk Bantah Selingkuh dengan Istri Sergey Brin

Melansir situs Celebrity Net Worth, Pangeran Fazza memiliki total kekayaan hingga USD400 juta, atau setara dengan Rp5,74 triliun.

Seperti orang lain, sang pangeran rupanya juga memiliki hewan peliharaan kesayangan. Tidak tanggung-tanggung, hewan ini adalah seekor unta yang disebut-sebut merupakan unta termahal di dunia. Unta ini dikabarkan berasal dari garis keturunan kerajaan yang dibeli Pangeran Fazza dengan harga USD2,7 juta, atau setara dengan Rp350 juta.

Pangeran Fazza juga menggemari dunia otomotif dan diketahui memiliki banyak koleksi kendaraan roda empat. Salah satunya adalah mobil keluaran perusahaan California Watercar, mobil amfibi Phyton yang dapat bergerak baik di darat maupun di air.

Bukan cuma satu, sang pangeran membeli kendaraan ini sebanyak enam buah. Mobil ini mampu bergerak dengan kecepatan hingga 80 mph di darat dan 45 mph di atas permukaan air. Untuk membeli satu buah mobil amfibi Phyton ini, sang pangeran harus merogoh kocek hingga USD150.000, membuatnya harus mengeluarkan sekitar USD1 juta untuk enam unit kendaraan unik ini.

Pangeran Fazza juga memiliki supercar yang merupakan keluaran langka, yakni Lamborgini Veneno Roadster yang hanya diproduksi 9 unit pada tahun 2014. Meskipun hanya diproduksi sebanyak 9 unit, Pangeran Fazza mampu mendaratkan kepemilikannya pada 6 dari 9 mobil tersebut. Mobil ini memiliki kecepatan tertinggi hingga 221 mph dan daya sekitar 750 tenaga kuda.

Palm Jumeirah Zabeel Saray Hotel yang dijuluki hotel termewah dan termahal di Dubai ini merupakan salah satu properti yang dimiliki langsung oleh Pangeran Fazza.

Tidak hanya properti, sang pangeran rupanya juga memiliki sebidang tanah berukuran 63.000 hektare yang merupakan pemberian dari ayahnya, Mohammed bin Rahsid Al-Maktoum. Kawasan ini memang belum dibangun, masih berupa padang rumput luas. Namun sang pangeran dikabarkan tengah merencanakan pembangunan estate mewah dengan resort pinggir danau untuk wilayah ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini