Share

Tiket Pulau Komodo Rp3,7 Juta, Pelaku Pariwisata Labuan Bajo Pilih Mogok Kerja

Feby Novalius, Okezone · Senin 01 Agustus 2022 16:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 01 320 2640113 tiket-pulau-komodo-rp3-7-juta-pelaku-pariwisata-labuan-bajo-pilih-mogok-kerja-JY3oWSz0h9.jfif Tiket Wisata ke Pulau Komodo Rp3,7 Juta. (Foto: Okezone.com/Instagram Sebakamin)

JAKARTA - Pelaku pariwisata di Labuan Baji menolak pemberlakukan tiket masuk Pulau Komodo Rp3,75 juta hari ini. Seluruh pelaku usaha pun memutuskan mogok kerja.

"Kami akan boikot layanan per tgl 1-31 Agustus," ujar Pekerja Pariwisata Labuan Bajo Ignasius Suradin kepada Okezone, Senin (1/8/2022).

Baca Juga: Tiket Masuk Pulau Komodo Rp3,7 Juta, Pengusaha Travel: Sama Sekali Tidak Reasonable

Menurutnya, mahalnya tiket wisata Pulau Komodo berdampak pada menurunnya jumlah wisatawan. Padahal, kondisi wisata di Labuan Bajo sedang meningkat pasca-terdampak pancemi Covid-19.

"Tamu batal liburan ke Labuan Bajo dan Destinasi Labuan Bajo dicoret bucket list tamu. Mereka banyak memilih ke negara lain. Pesawat sepi, hotel, kapal, sepi semuanya," ujarnya.

Baca Juga: Berlaku Hari Ini, Harga Tiket Pulau Komodo Jadi Rp3,75 Juta

Kekecewaan juga diungkap Ketua DPP Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Pauline Suharno. Menurutnya, penyesuaian tarif masuk Pulau Komodo sebesar Rp3,75 juta terlalu besar. Hal ini bisa berdampak pada jumlah pengunjung wisata.

"Sama sekali tidak reasonable. Tarif Rp3.750.000 berlaku setahun, turis mana yang dalam setahun bolak balik berkumjung ke Komodo?" ujarnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Menurutnya, jika pemerintah ingin Kawasan Pulau Komodo dilakukan konservasi, sebaginya ditutup saja wisatanya. Dibanding harus menaikan tarif wisata menjadi Rp3,75 juta.

"Kalau memang mau konservasi tutup saja dulu Pulau Komodo saja, tanpa pulau-pulai lainnya. Dengan pertimbangan di Pulau Rinca pun sudah ada Komodo yang bisa dilihat," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini