Share

IPO, Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari (ELPI) Bakal Raup Rp222,4 Miliar

Anggie Ariesta, Jurnalis · Senin 08 Agustus 2022 08:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 08 278 2643721 ipo-pelayaran-nasional-ekalya-purnamasari-elpi-bakal-raup-rp222-4-miliar-65FBti1Rco.jpg Melantai di Bursa (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk akan melaksanakan penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, Senin (8/8/2022). Calon emiten dengan kode saham ELPI ini akan menjadi perusahaan tercatat ke-37 di BEI pada tahun 2022.

Mengutip laman e-IPO, Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari merupakan calon emiten yang bergerak dalam bidang angkutan laut dan aktivitas penunjang angkutan.

Perseroan didirikan pada April tahun 1992 di Kota Ambon, Kalimantan Timur bergerak dibidang Pelayaran Rakyat dan Nusantara dengan armada Landing Craft Tank (LCT) 100 dwt bernama LCT EKA. Sampai awal tahun 2000, Perseroan berfokus pada penyediaan solusi logistik ke wilayah timur Indonesia, terutama di Maluku dan Irian Jaya dan di tahun 2002 terdapat penambahan armada LCT bernama EFILYA.

Hingga 31 Desember 2021, Perseroan memiliki dan mengoperasikan lebih dari 100 unit berbagai macam armada yang terdiri atas Crewboat, Anchor Handling Tug Supply vessel (AHTS), Platform Support Vessel (PSV), Utility Vessel & Specialized Vessel. Dengan dukungan armada diatas Perseroan mampu memberikan layanan dibidang penyewaan kapal, pekerjaan lepas pantai, logistik, Engineering Procurement Construction dan Training & Development

Saat ini Perseroan telah berkantor pusat di Surabaya, Jawa Timur, memiliki 5 kantor wilayah & pemeliharaan, Training Center dan Afiliasi Perusahaan Galangan yang mampu memberikan Layanan yang Cakap dan Handal berbasis Safe, Reliable dan Efficient, dalam menyediakan Sustainable Total Marine Solution.

ELPI memberikan harga penawaran Rp200 per saham dengan total dana IPO senilai Rp222,4 miliar.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Berdasarkan prospektus perusahaan, emiten pelayaran minyak dan gas ini akan menawarkan sebanyak-banyaknya 1.112.000.000 saham atau sebanyak-banyaknya 15% dari modal ditempatkan dan disetor perseroan dengan nominal Rp100 per saham.

ELPI juga mengadakan Program Alokasi Saham Karyawan (Employee Stock Allocation atau ESA) dengan mengalokasikan saham sebanyak-banyaknya 111,2 juta saham atau sebanyak-banyaknya sebesar 10% dari jumlah Saham Yang Ditawarkan dalam Penawaran Umum Perdana Saham.

Emiten yang akan bersandi ELPI ini juga menunjuk PT Trimegah Sekuritas Indonesia menjadi penjamin emisi efek.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini