Share

Mengintip Gaji Bartender di Indonesia, di Bawah UMR tapi Dapat Tip Besar

Rina Anggraeni, Okezone · Senin 08 Agustus 2022 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 08 622 2643868 mengintip-gaji-bartender-di-indonesia-di-bawah-umr-tapi-dapat-tip-besar-Id762Kz6xB.jpg Mengintip Gaji Bartender (Foto: Foodbeast)

JAKARTA - Mengintip gaji bartender Indonesia bakal diulas dalam artikel ini. Sejumlah pekerjaan yang punya gaji rendah namun memberikan keuntungan besar banyak diincar oleh para pencari kerja. Menariknya, keuntungan tersebut tidak diperoleh melalui pekerjaan lain melainkan lewat uang tip.

Salah satu keuntungan dari pekerjaan tersebut adalah uang tip yang diberikan oleh pelanggan, yaitu . Di bar atau cafe, profesi satu ini bisa dibilang paling dekat dengan pengunjung. Seorang bartender bisa berinteraksi langsung dengan para pengunjung.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Bartender merupakanĀ  pelayan minuman alkohol di bar. Pekerjaan ini bertugas menyediakan, mencampur dan melayani minuman yang beralkohol dan non alkohol langsung kepada pelanggan diseberang bar atau disebelah meja kasir, atau melalui pelayan bar Inonesia.

Mengintip gaji bartender Indonesia juga berdasarkan lama bekerja atau memiliki pengalaman di bidang tersebut.Ā  Tidak heran jika sebagian besar uang tip akan jatuh ke kantong mereka. Apalagi jika pengunjung senang dengan racikan minuman yang mereka buat. Menurut Pyscale mereka bisa menghasilkan uang tip senilai US$ 9,50 per jam atau setara Rp 124 ribu.

Adapun, kisaran gaji sebagian besar pekerja pada profesi Pramutama Bar/Bartender dari Rp1,975,245 untuk Rp3,705,154 per bulan 2022. Sedangkan, pramutama Bar/Bartender biasanya menghasilkan antara Rp1,975,245 dan IDR3,290,498 bersih per bulan pada awal pekerjaan.

Mengintip gaji bartender Indonesia setelah 5 tahun bekerja, ini antara Rp2,170,490 dan Rp3,487,889 per bulan untuk seminggu kerja selama 40 jam.

Sebagai informasi, bekerja sebagai bartender harus memiliki kemampuan yang lebih. Diantaranya aksi dan pertunjukan ketika meracik minuman. Aksinya ini juga akan memikat pembeli, dan salah satu hiburan yang menarik bagi para pelanggan.

Namun saat ini, di era bar modern, seorang bar attaendant tidak terlalu kaku untuk melayani minuman alkohol saja. Tetapi juga melayani minuman non alkohol, seperti orange juice, lime splash, dan masih banyak lagi.

Hal ini tentu saja untuk menarik pelanggan yang tidak tertarik terhadap minuman beralkohol, tetapi ingin menikmati suasana bar.

Bartender tidak hanya bekerja di bar atau pub saja. Terdapat banyak hotel dan restoran berbintang yang menyajikan minuman beralkohol juga membutuhkan bartender. Namun, secara umum, bartender lebih banyak dibutuhkan di bar dan pub.

Keberadaan bartender merupakan hal yang sangat penting di kedua tempat tersebut, karena bartender-lah yang menjadi penentu utama dari menariknya bar tersebut bagi orang banyak. Orang lebih mengingat sebuah bar berdasarkan kualitas minuman yang disediakan oleh bartender tersebut.

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini