Share

PUPR: Pembangunan Jalan Tol Tingkatkan Pemerataan Pembangunan RI

Ikhsan Permana, MNC Portal · Selasa 09 Agustus 2022 18:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 09 320 2644904 pupr-pembangunan-jalan-tol-tingkatkan-pemerataan-pembangunan-ri-QI7X4aKqOE.jpg Jalan Tol (Foto: Okezone/Jasa Marga)

JAKARTA - Direktur Jalan Bebas Hambatan Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Budi Harimawan Sumihardjo menyatakan bahwa selain meningkatkan mobilitas, keberadaan jalan tol juga dapat meningkatkan pemerataan pembangunan.

"Kalau kita lihat fungsi dari jalan tol ini memang arteri primer yang berfungsi sebagai koridor utama," terang Budi dalam program Market Review di IDX Channel, Selasa (9/8/2022).

Dia menjelaskan, jalan tol nantinya diharapkan menjadi tulang punggung atau jaringan jalan di pulau-pulau besar pada masa mendatang seperti Sumatera, Jawa dan Kalimantan.

"Kita ketahui bahwa pembangunan jalan tol ini yang memberikan multiplier effect, dimana meningkatkan konektivitas, mobilitas menurunkan efisien waktu tempuh nilai waktu dan juga biaya perjalanan, penghematan biaya logistik dan kita bisa meningkatkan daya saing nasional," jelasnya.

Menurutnya, jalan tol juga memberikan kontribusi positif bagi pembangunan daerah sebab Kementerian PUPR akan menyediakan lapangan usaha untuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di rest area.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

"Kami buka peluang di rest area dengan keterlibatan UMKM, lebih dari 30 persen, dan juga kami menyiapkan konsep-konsep rest area yang terintegrasi dengan kegiatan lokal," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini