Share

Toba Surimi Industries (CRAB) IPO Hari Ini, Incar Dana Rp58,50 Miliar

Anggie Ariesta, Jurnalis · Rabu 10 Agustus 2022 08:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 10 278 2645084 toba-surimi-industries-crab-ipo-hari-ini-incar-dana-rp58-50-miliar-YZAmxSbEf4.jpg IPO Toba Surimi Industries (Foto: Freepik)

JAKARTA - PT Toba Surimi Industries Tbk (CRAB) akan mencatatkan perdana sahamnya atau IPO di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari ini. CRAB akan menjadi perusahaan tercatat ke-43 di BEI pada tahun 2022.

Mengutip laman e-IPO Rabu (10/8/2022), Toba Surimi Industries mematok harga final penawaran saham perdana sebesar Rp150 per saham. Calon emiten consumer non siklikal ini melepas 390 juta saham baru kepada publik atau sekitar 20% dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Dengan pelepasan saham ini, CRAB berpeluang mengantongi dana hasil penawaran umum perdana initial public offering (IPO) sebesar Rp58,50 miliar.

Selain itu, harga IPO juga ditetapkan dengan mempertimbangkan jumlah permintaan terbanyak yang diterima oleh penjamin pelaksana emisi efek yang dilaksanakan pada 20 - 25 Juli 2022.

Saat ini, Toba Surimi tengah melakukan ekspansi pangsa pasar termasuk namun tidak terbatas ke China. Dari yang sebelumnya hanya berjualan di Amerika Serikat, sekarang perseroan juga berjualan di berbagai negara di Eropa, Asia, Australia, Kanada, Britania, Arab, dan Indonesia.

Perseroan memperoleh berbagai bahan baku dari berbagai lokasi di Indonesia, seperti Aceh, Pangkalan Brandan, Pantai Cermin, Tanjung Balai, dan Sibolga. Terkadang perseroan juga melakukan impor untuk ketersediaan bahan bakunya.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

Setiap bulannya, Toba Surimi mampu memproduksi sebanyak 120,000 kaleng produk kepiting pasteurisasi, 1,820,000 kaleng makanan laut steril, dan 110,000 kg makanan laut beku.

Adapun salah satu cara pembuktian eksistensi kepada pelanggan tetap adalah dengan mengikuti pameran seafood berskala internasional yang telah dan akan diikuti perseroan, di AS, Thailand, Spanyol hingga Singapura dan Paris.

Ke depannya, CRAB berencana melakukan ekspansi termasuk namun tidak terbatas pada penambahan lini bisnis dan penambahan kapasitas produksi yang membutuhkan banyak modal kerja.

Dengan demikian ekspansi termasuk pada pembelian bahan baku dan bahan penunjang, gaji dan tunjangan, serta biaya operasional lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini