Share

Presiden Jokowi Pamer 3 Tahun RI Tak Lagi Impor Beras

Michelle Natalia, Sindonews · Selasa 16 Agustus 2022 11:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 16 320 2648730 presiden-jokowi-pamer-3-tahun-ri-tak-lagi-impor-beras-tfRVlq8UH4.png Jokowi Pamer Indonesia Tak Lagi Impor Beras (Foto: Tangkapan Layar)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pamer pemerintah tidak lagi mengimpor beras konsumsi sejak tiga tahun terakhir.

"Untuk beras konsumsi, kita sudah tidak lagi impor dalam tiga tahun terakhir," dalam Pidato Kenegaraan di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

BACA JUGA: Presiden Jokowi: Stok Beras RI 10,2 Juta Ton, Sudah 3 Tahun Tidak Impor

Menurut Jokowi, pembangunan bendungan dan irigasi telah mendukung peningkatan produktivitas nasional. Atas capaian ini, Indonesia mendapat penghargaan dari International Rice Research Institute

"Alhamdulillah, kita baru saja memperoleh penghargaan dari International Rice Research Institute karena kita dinilai mampu mencapai sistem ketahanan pangan dan swasembada beras sejak tahun 2019," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Lembaga Internasional, Pusat penelitian beras dunia, International Rice Research Institute (IRRI) memberikan penghargaan kepada pemerintah Republik Indonesia.

Penghargaan itu diberikan karena selama tiga tahun terakhir mampu mencapai swasembada beras secara berturut-turut. Penghargaan ini diterima langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Minggu (14/8/2022).

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

IRRI menilai, Indonesia mencapai swasembada karena mampu memenuhi kebutuhan pangan pokok domestik dalam hal ini beras lebih dari 90 persen.

Diketahui, produksi beras nasional dari tahun 2019 konsisten berada di angka 31,3 juta ton sehingga berdasarkan hitungan BPS jumlah stok akhir di bulan April 2022 tertinggi di angka 10,2 juta ton.

"Dan kalau ditanya barangnya ada di mana? ya ada di masyarakat, di petani, di restoran-restoran dan juga juga di Bulog. Plus beberapa di industri-industri pangan. Inilah yang menyebabkan kenapa Indonesia dinilai memiliki sistem ketahanan pangan yang baik dan sudah mencapai swasembada pangan," ujar Presiden Jokowi.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini