Share

BUMN Punya Peran Penting Gerakkan 40% Ekonomi Nasional

Anggie Ariesta, Jurnalis · Rabu 17 Agustus 2022 14:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 17 320 2649500 bumn-punya-peran-penting-gerakkan-40-ekonomi-nasional-4LphzLu4eo.png Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga. (Foto: Okezone.com/MPI)

JAKARTA - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) punya peran penting menggerakkan ekonomi masyarakat hingga sekitar 30-40%. Sehingga ketika BUMN sehat maka badan pelat merah itu bisa mendorong pemulihan ekonomi nasional juga.

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengatakan, demi mewujudkan 2045 Indonesia menjadi no.4 ekonomi terbesar di dunia, kelas menengah juga bisa mencapai 232 juta dan artinya makin mengecil kelas bawah di negeri ini.

Baca Juga: Erick Thohir Optimis RI Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Dunia

"Melihat potensi dan sebagainya kami melakukan transformasi-transformasi besar di BUMN, paling yang terlihat adalah transformasi yang kita lakukan dari 8 menjadi 41 BUMN," kata Arya dalam Webinar BUMN Lokomotif Pemulihan Ekonomi Nasional oleh MNC Portal, Rabu (17/8/2022).

mnc

Menurut Arya, transformasi yang dilakukan tersebut hingga terbentuknya Holding Ultra Mikro, Holding Pangan, Holding Kesehatan dan sebagainya mencerminkan BUMN makin efisien.

Baca Juga: Presiden Soekarno Dorong Pemberantasan Buta Huruf, Erick Thohir: Itu Masih Valid Sampai Hari Ini

"Terlihat bahwa transformasi ini dari sisi perusahaan kita lakukan besar-besaran dimana kita punya 88 agenda strategic inisiatif yang kami lakukan untuk perubahan-perubahan pada sistem," jelasnya.

Hal tersebut terlihat dari capaian BUMN dengan pendapatan di tahun buku 2021 yang naik sekitar 3% dari Rp1.130 triliun menjadi Rp1.982 triliun. Artinya, lanjut Arya, meski pertumbuhan pendapatan yang hanya 3%, laba BUMN ada kenaikan hampir 1.000%.

Arya menegaskan bahwa dari situ BUMN menunjukkan bahwa berhasil melakukan transformasi, tidak hanya efisiensi tapi juga dengan transformasi.

Kemudian, capaian juga terlihat bahwa laba bersih tahun 2021 saja dari 10 perusahaan besar di Indonesia, 7 perusahaan berasal dari BUMN. Rinciannya ada Pertamina, BRI, Bank Mandiri, PLN, Telkom, BNI, dan MIND ID.

Arya menegaskan bahwa hal itu menunjukkan bukti BUMN berada di track yang benar. Belum lagi dari sisi pajak, dari 10 emiten terbesar ada 3 emiten BUMN.

Di sisi lain BUMN juga melakukan kerja besar salah satunya dengan menangani Holding Ultra Mikro. Selama pandemi, BUMN berhasil menaikkan hampir 13 juta UMKM dari 2019.

Webinar HUT Kemerdekaan ini diukung oleh MNC Play yang merupakan provider internet super cepat unlimited 100% Fiber Optic dan TV kabel berlangganan dengan channel TV Nasional terlengkap di Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini