Share

Inflasi 5 Provinsi di Atas 5%, Jokowi: Jambi, Bangka Belitung hingga Riau Hati-Hati

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Kamis 18 Agustus 2022 11:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 18 320 2649912 inflasi-5-provinsi-di-atas-5-jokowi-jambi-bangka-belitung-hingga-riau-hati-hati-2NQI873Xnv.jpg Presiden Jokowi Soroti Tingginya Inflasi di 5 Provinsi. (Foto: Okezone.com/BPMI)

JAKARTA - Presiden Jokowi menyoroti tingginya inflasi di 5 provinsi Indonesia. Angkanya di atas inflasi nasional sebesar 4,9%.

Jokowi mengungkapkan 5 provinsi dengan tingkat inflasi di atas 5%, diantaranya Jambi, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Riau, dan Aceh.

Baca Juga: Jokowi Instruksikan Mendagri Pakai Anggaran Tak Terduga untuk Transportasi dan Distribusi Pangan

"Ini 5 provinsi yang inflasinya di atas 5%. Jambi Provinsi Jambi hati-hati sudah berada di angka 8,55%, Sumatera Barat berada di angka 8,01%, Bangka Belitung 7,77%, Riau angka 7,04%, Aceh di angka 6,97%," ungkap Jokowi, dalam sambutannya pada Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2022, Kamis (18/8/2022).

Jokowi pun meminta kepada kepala daerah untuk memerhatikan data inflasi tersebut. Dan dirinya berharap inflasi di setiap daerah dapat diselesaikan bersama-sama oleh pemerintah pusat dan daerah.

Baca Juga: Harga Beras di Merauke Rp6.000, Jokowi Heran Tak Ada yang Beli

"Tolong ini dilihat secara detail yang menyebabkan ini apa agar bisa kita selesaikan bersama-sama dan bisa turun lagi Di bawah 5 syukur bisa di bawah 3," jelasnya.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

Selain itu, Jokowi juga meminta Kepala Daerah memahami secara baik laju inflasi di daerahnya. Kepala Negara pun mewanti-wanti akan menanyakan secara mendadak mengenai inflasi kepada Kepala Daerah.

"Detail angka-angkanya harus tahu, provinsi harus tahu. Posisi inflasi saya di angka berapa. Nanti saya ke daerah, saya tanya jangan gelagapan nggak ngerti posisi inflasi provinsinya berada di angka berapa. Mana yang tinggi, mana yang pada posisi normal mana yang pada posisi rendah lihat," kata Jokowi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini