Share

Efisiensi Energi Capai Rp1,78 Triliun, PGN Tingkatkan Penggunaan Gas Bumi Dalam Negeri

Risky Fauzan, iNews · Jum'at 19 Agustus 2022 14:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 19 320 2650705 efisiensi-energi-capai-rp1-78-triliun-pgn-tingkatkan-penggunaan-gas-bumi-dalam-negeri-7OnzQlcLau.jpg Jaringan Gas (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) terus berupaya mendorong penggunaan gas bumi di tanah air sekaligus untuk mendongkrak efisiensi energi dalam negeri.

Komisaris Utama PGN Arcandra Tahar mengatakan bahwa penggunaan gas bumi di sektor rumah tangga sepanjang tahun 2021 mencapai 650 ribu sambungan rumah tangga (SR).

"Efisiensi energi mencapai Rp 1,78 triliun. Komitmen kami adalah meningkatkan pembangunan infrastruktur pipa gas bumi, sehingga efisiensi dapat juga dinikmati lebih banyak UMKM, komersial, dan industri, khususnya di Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur," kata Arcandra di Jakarta, Kamis (18/8/2022).

Arcandra menuturkan, pembangunan jargas menjadi salah satu strategi PGN untuk mendongkrak pemanfaatan gas bumi untuk rumah tangga dengan skema investasi internal jargas Gaskita. Program ini bertujuan untuk mendorong penggunaan gas bumi menggantikan LPG. Dengan demikian, beban impor diharapkan dapat semakin ditekan.

Adapun program lainnya yakni melalui investasi strategis termasuk melalui sinergi dalam holding migas. Salah satu yang telah dilakukan yakni pada pembangunan pipa minyak Rokan sepanjang 342 km. Infrastruktur ini diharapkan berkontribusi untuk upaya peningkatan lifting dari Blok Rokan. Pipa berkapasitas alir 143.000 BPD hingga 362.000 BOPD diharapkan dapat mengalirkan melalui semua segmen mulai triwulan IV 2022.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Selain itu, PGN juga mendukung program RDMP kilang RU V Balikpapan sebagai Proyek Stretegis Nasional, PGN sedang membangun pipa gas Senipah ke Kilang RU V Balikpapan sepanjang 78 KM dengan kapasitas alir 125 MMSCFD. Pembangunan proyek ini sudah dimulai sejak April 2022.

Dia mengatakan bahwa penjualan gas hingga semester I 2022 mengalami peningkatan ketimbang periode sama di tahun sebelumnya. "Penjualan gas naik sedikit ketimbang tahun lalu," kata dia.

Arcandra memastikan ke depannya PGN bakal berfokus untuk membangun infrastruktur gas serta mengoptimalkan peluang bisnis yang bisa memberi nilai tambah bagi perusahaan. Ia mencontohkan, PGN menargetkan peningkatan kapasitas fasilitas-fasilitas LNG yang dimiliki.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini