Share

Demi Uang Rupiah Baru, Warga Rela Antre Panjang Sampai Panas-panasan

Abdul Rahman, iNews · Sabtu 20 Agustus 2022 16:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 20 320 2651285 demi-uang-rupiah-baru-warga-rela-antre-panjang-sampai-panas-panasan-gkSjv8PWWb.png Warga Antusias Tukar Uang Rupiah Baru. (Foto: Okezone.com/MPI)

CIREBON - Masyarakat antusias ingin memiliki uang Rupiah baru tahun emisi 2022 yang diluncurkan pemerintah dan Bank Indonesia. Masyarakat pun rela mengantri demi menukarkan uang lama dengan uang baru.

Seperti yang terjadi di Jalan Pemuda Kota Cirebon Jawa Barat. Ratusan warga nampak antri panjang di sebuah mobil kas keliling Bank Indonesia Kantor Wilayah Cirebon.

Antrian panjang warga tersebut, hingga mencapai sisi jalan pantura. Tidak sedikit mereka dari masyarakat yang mengaku sangat tertarik dengan tampilan uang kertas baru. Karena belum beredar, masyarakat mengaku uang baru tersebut sementara ini untuk dikoleksi.

Baca Juga: Ada 7 Rupiah Baru 2022, Uang Kertas yang Lama Bagaimana?

"Saya di sini dari pagi, ya sekitar jam setengah sembilan lebih. Hanya mau nukar uang lama ke uang baru, penasaran bentuknya seperti apa. Sementara sih untuk disimpan dan dijadikan koleksi dulu, "kata Muhammad Reza, salah satu warga yang ikut mengantri.

Hal yang sama diungkapkan Awat Warga Kabupaten Cirebon. Ia mengaku tertarik untuk menukarkan uang lama ke uang baru.

Baca Juga: Penampakan 7 Pecahan Rupiah Baru dari Rp100 Ribu sampai Rp1.000

"Lumayan menunggu cukup lama, rencananya uang baru ini disimpan belum berani dibelanjakan. Karena masih belum beredar banyak, nanti jika sudah beredar luas, baru dibelanjakan, "katanya.

Sementara itu, dijelaskan Hestu Wibowo, selaku Kepala KPw Bank Indonesia Cirebon. Menurutnya, uang baru tersebut dinilai lebih tahan lama dengan yang sebelumnya dan tidak mudah kusam dalam jangka waktu yang cukup lama.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Meskipun uang baru sudah diluncurkan, tapi uang lama masih dapat digunakan untuk transaksi yang resmi. Jadi masyarakat jangan khawatir uang lama beredar dan masih berlaku, "katanya.

Dijelaskan Hestu, untuk saat ini, Bank Indonesia Kantor Wilayah Cirebon menyiapkan 980 Juta rupiah uang kertas baru yang dapat ditularkan melalui aplikasi BI Pintar.

"Penukaran uang baru di seluruh perbankan mulai dilakukan pada senin mendatang, "jelasnya. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini