Share

Wapres Bilang 80% Keluarga Sudah Tinggal di Rumah Sendiri

Binti Mufarida, Sindonews · Selasa 23 Agustus 2022 11:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 23 470 2652675 wapres-bilang-80-keluarga-sudah-tinggal-di-rumah-sendiri-u5OrTnBxaq.jpg Wapres Sebut 80% Keluarga Sudah Punya Rumah Sendiri. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengungkapkan bahwa 80% rumah tangga di Indonesia sudah tinggal di rumah sendiri. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah rumah tangga di Indonesia yang telah memiliki rumah sendiri sebesar 81,08% pada 2021 atau naik 1,22% dibandingkan tahun sebelumnya.

"Sebagian besar rumah tangga di Indonesia sekitar 80% sudah tinggal di rumah dengan status milik sendiri," ungkap Wapres saat meluncurkan Tapera Syariah secara virtual, Selasa (23/8/2022).

Baca Juga: BTN Dapat PMN Rp2,98 Triliun, Program Sejuta Rumah Dikebut

Meski begitu, masih ada masyarakat yang belum mencukupi kebutuhan atas huniannya.

"Tetapi bagi masyarakat yang belum mencukupi kebutuhan atas hunian, tentu ingin mewujudkannya mengingat tempat tinggal atau perumahan menyangkut hak dasar individu sekaligus sebagai sarana pembinaan keluarga," katanya.

Baca Juga: Korban Erupsi Gunung Merapi Dapat 'THR' Rumah pada Perayaan Lebaran

Wapres mengungkapkan tidak semua masyarakat memiliki kematangan finansial untuk membeli hunian. Terlebih bagi masyarakat perkotaan, keterjangkauan untuk memiliki rumah turut dipengaruhi harga hunian yang cenderung meningkat setiap tahunnya, bahkan di atas rata-rata daya beli.

Oleh karena itu, kata Wapres, Tabungan Perumahan Rakyat Syariah menjadi salah satu sarana untuk membantu mewujudkan kepemilikan rumah bagi masyarakat, yang kebutuhannya kian meningkat kini mencapai 12,75 juta unit.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Tapera Syariah sekaligus merupakan perwujudan pembangunan ekonomi yang sejalan dengan maqashid syariah karena memfasilitasi kebutuhan masyarakat melalui hadirnya skema tabungan perumahan yang sesuai prinsip syariah," papar Wapres.

Wapress menilai momentum peluncuran Tapera Syariah ini juga dinilai sangat tepat. Bagi industri jasa keuangan, tren gaya hidup Islami dengan meningkatnya preferensi masyarakat akan produk atau jasa yang sesuai syariah, telah menciptakan pasar baru yang menarik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini