Share

Daftar Pembangunan Infrastruktur Dasar di IKN, Habiskan Triliunan Rupiah

Iqbal Dwi Purnama, Okezone · Rabu 31 Agustus 2022 20:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 31 470 2658448 daftar-pembangunan-infrastruktur-dasar-di-ikn-habiskan-triliunan-rupiah-Z9oYYSXwZz.jpg IKN Nusantara (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktur Jenderal Cipta Karya akan melakukan pembangunan infrastruktur dasar di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Dirjen Cipta Karya, Diana Kusumastuti mengatakan pihaknya mendapat alokasi dana sebesar Rp10,38 triliun untuk mendukung pembangunan IKN Nusantara pada tahun 2023.

Membangun jaringan air minum dianggarkan Rp4,16 triliun, Diana menjelaskan satunya akan membangun IPA serta jaringan perpipaan SPAM sepaku untuk mendukung IKN Nusantara.

"Ada juga pembangunan IPAL untuk pembangunan IKN, untuk sistem pengelolaan persampahan juga membangunan TPST mendukung IKN Nusantara," ujar Diana dalam RDP bersama Komisi V DPR RI, Rabu (31/8/2022).

Selanjutnya pengembangan kawasan permukiman dianggarkan pada tahun 2023 sebesar Rp2,49 triliun yang digunakan untuk penataan kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) dan Kegiatan Strategis lainnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Diana menuturkan dari alokasi anggaran Rp2,49 triliun, salah satunya digunakan untuk penataan Kawasan Gedongsongo, dan Pembangunan IKN (KIPP dan penataan sumbu kebangsaan).

Selanjutnya juga dianggarkan untuk bangunan gedung sebesar Rp9,46 triliun yang salah satunya dialokasikan untuk pembangunan IKN Nusantara. Seperti pembangunan kawasan dan bangunan pusat pemerintahan, kantor Kemenko, Kemensetneg, K/L, Masjid Negara dan Beranda Nusantara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini