Share

Jangan Kaget! Ternyata Harga Avtur Pesawat Jakarta-Malang Rp150 Juta

Fayha Afanin Ramadhanti, Okezone · Jum'at 09 September 2022 12:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 09 320 2664109 jangan-kaget-ternyata-harga-avtur-pesawat-jakarta-malang-rp150-juta-SSDQwnMRn6.png Ternyata Segini Harga Avtur Pesawat. (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA – Avtur menjadi faktor penentu besaran harga tiket pesawat. Ketika harga avtur naik, tentu tiket pesawat pasti naik.

Untuk sekali penerbangan Jakarta-Malang misalnya. Avtur yang dibutuhkan untuk satu pesawat sebanyak 10.165 liter atau sebesar Rp153 juta.

Pengguna akun TikTok @sendy_id pun mengunggah video persiapan pesawat yang akan sebelum melakukan perjalanan. Pesawat tersebut akan terbang dari Jakarta ke Malang.

Baca Juga: Ratusan Penerbangan Batal Gegara Aksi Mogok Pilot

Dalam video diperlihatkan struk pembelian avtur pesawat yang bertuliskan angka 10.165 liter, dengan harga per liternya Rp15.000, menurut data di web resmi Pertamina.

Berarti dalam sekali jalan pesawat harus menyiapkan dana sekitar Rp153 juta untuk keperluan bahan bakar.

Jika dikonversi dengan jumlah penumpang pesawat yang dapat menampung kurang lebih 180 orang, wajar saja jika harga tiket pesawat Jakarta-Malang dibandrol seharga Rp1 jutaan.

Baca Juga: 7 Alasan Pramugari Profesi Paling Diimpikan Wanita

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan harga avtur akan tetap sehingga maskapai tetap bisa menjual tiket pesawat secara murah.

“Ini bagian dari balancing (keseimbangan) adanya kenaikan BBM satu sisi, satu sisi BBM naik, Insya Allah avtur akan tetap, dan tarif murah itu bisa dilakukan,” kata Budi.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Menurut Budi, tiket murah pesawat tetap dapat diberlakukan karena berbagai upaya yang telah dilakukan pemerintah, baik di tataran pusat dan daerah serta maskapai penerbangan. Perusahaan penerbangan, ujarnya, telah diimbau untuk berinovasi dan meningkatkan efisiensi serta kampanye promosi tiket pesawat.

“Dan ini sudah dibuktikan oleh, beberapa maskapai sudah memberikan tarif murah dari waktu-waktu tertentu kepada masyarakat,” katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini