Share

Emiten Lo Kheng Hong ABMM Borong Saham GEMS Rp6,24 Triliun

Dinar Fitra Maghiszha, Jurnalis · Selasa 20 September 2022 09:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 20 278 2670981 emiten-lo-kheng-hong-abmm-borong-saham-gems-rp6-24-triliun-gcXd283dSq.jpg Ilustrasi saham. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Emiten investor kawakan Lo Kheng Hong, PT ABM Investama Tbk (ABMM) resmi mengakuisisi 30% saham PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS), setelah sebelumnya memenangkan lelang pembelian saham yang diadakan GMR Coal Resources Pte. Ltd pada akhir Agustus lalu.

Sekretaris Perusahaan ABMM, Rindra Donovan, mengatakan transaksi pembelian saham GEMS dieksekusi melalui anak usaha tidak langsung yakni PT Radhika Jananta Raya (RJR), sebesar 1.764.705.900 saham dari seluruh saham yang ditempatkan dan disetor GEMS.

"Harga penjualan Rp3.536 per saham ditambah dengan imbalan yang ditangguhkan," kata Rindra dalam keterangannya, Selasa (20/9/2022).

 BACA JUGA:Dear Investor, Ini Rekomendasi Saham Beli dan Jual

Mengacu harga per lembar tersebut, maka RJR merogoh kocek sebanyak Rp6,24 triliun. Adapun transaksi telah rampung pada 15 September 2022.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Rindra memaparkan bahwa ABMM melihat ada potensi dari aktivitas pertambangan GEMS yang dinilai memiliki kesamaan dengan perseroan. Sehingga transaksi ini dilakukan sebagai bagian dari strategi usaha ABMM untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis di seluruh ekosistem usaha di dalam grup.

"Diharapkan transaksi pembelian saham ini akan menghasilkan pertumbuhan nilai secara bertahap, serta ruang lingkup sinergi yang meningkat bagi ABM," tuturnya.

Dengan demikian, ABMM melalui RJR saat ini menguasai 30% saham GEMS, dibandingkan sebelumnya yang nihil kepemilikan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini