Share

Potensi Ekonomi Besar, Mendag Ingin IEU-CEPA Segera Diimplementasikan

Advenia Elisabeth, MNC Portal · Kamis 22 September 2022 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 22 320 2672582 potensi-ekonomi-besar-mendag-ingin-ieu-cepa-segera-diimplementasikan-myHuhGC2Ng.jpg Mendag ingin IEU-CEPA segera diimplementasikan (Foto: Kemendag)

JAKARTA - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyebut potensi ekonomi Indonesia dan Uni Eropa sangat besar. Untuk itu, dia ingin Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia–Uni Eropa (IEU–CEPA) segera diimplementasikan.

Mendag mengatakan perundingan IEU–CEPA adalah agenda prioritas Indonesia. Maka harus di genjot dan segera diimplementasikan.

"Mengingat besarnya potensi ekonomi Indonesia dan Uni Eropa, kita mendorong perundingan untuk segera selesai dan diimplementasikan,” ujarnya, Kamis (22/9/2022).

Perundingan IEU–CEPA telah dimulai pada 2016 dan akan memasuki putaran ke-12 pada Oktober 2022. Mendag Zulhas menyampaikan pentingnya upaya bersama untuk mencapai kesepakatan dalam isu-isu yang masih terbuka.

“Saya yakin dengan fleksibilitas kedua pihak, kita dapat mencapai kemajuan signifikan dalam putaran berikutnya dan segera mencapai kesepakatan,” tegasnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Sistem Penyaluran BLT BBM yang Dijalankan Sudah Bagus

Mendag Zulhas dan EVP Dombrovskis juga membahas perkembangan kebijakan perdagangan kedua pihak. Indonesia mengharapkan produk-produk pertanian rakyat Indonesia tidak mengalami hambatan di pasar Uni Eropa akibat perkembangan kebijakan lingkungan Uni Eropa.

Selain hubungan bilateral, EVP Dombrovskis menyampaikan apresiasi dan dukungan Uni Eropa atas Presidensi G20 Indonesia. Kerja sama dan kolaborasi negara-negara G20 sangat krusial dalam mengatasi berbagai tantangan ekonomi global saat ini.

Di samping itu, Mendag Zulhas juga mengundang para pelaku usaha Uni Eropa untuk hadir dalam pameran dagang terbesar di Indonesia, yaitu Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37 yang akan berlangsung pada 19–23 Oktober 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini