Share

BPJS Ketenagakerjaan Kirim 9,5 Juta Data Pekerja Calon Penerima BSU, Sudah Dapat Rp600.000?

Antara, Jurnalis · Rabu 28 September 2022 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 28 320 2676481 bpjs-ketenagakerjaan-kirim-9-5-juta-data-pekerja-calon-penerima-bsu-sudah-dapat-rp600-000-RYPgMJYO7g.jpg BLT Subsidi Gaji Cair Lagi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJamsostek melaporkan hingga saat ini telah menyerahkan 9,5 juta data calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau BLT subsidi gaji 2022 sebesar Rp600.000 kepada Kementerian Ketenagakerjaan.

Angka tersebut akan bertambah seiring dengan proses verifikasi dan validasi yang masih terus berjalan. Lebih jauh pihaknya juga menjelaskan bahwa penyerahan data dilakukan secara bertahap karena mengedepankan prinsip kehati-hatian dan keakuratan data.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah kembali memberikan kepercayaan bagi BPJamsostek untuk menjadi mitra penyedia data program BSU. Kami berkomitmen untuk mendukung keberhasilan dan kelancaran program ini, sehingga nantinya BSU dapat tersalurkan ke seluruh pekerja Indonesia yang ditargetkan mencapai 14,5 juta orang,” kata Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Rabu (28/9/2022).

BACA JUGA: Pencairan BLT Subsidi Gaji atau BSU Dipercepat, Jokowi Pantau Langsung 

BSU ini juga merupakan bentuk apresiasi pemerintah kepada perusahaan atau pemberi kerja yang telah mendaftarkan seluruh pekerjanya menjadi peserta BPJamsostek. Pasalnya sesuai dengan Permenaker No 10 Tahun 2022, salah satu kriteria penerima BSU adalah pekerja yang merupakan peserta aktif BPJamsostek.

Selain itu pekerja juga harus memiliki gaji atau upah paling banyak Rp3,5 juta atau senilai upah minimum provinsi kab/kota, serta bukan merupakan PNS, TNI maupun Polri.

Anggoro juga mengimbau para pekerja untuk berhati-hati terhadap maraknya permintaan data pribadi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

 

Baca Juga: BuddyKu Fest: Challenges in Journalist and Work Life Balance Workshop

Follow Berita Okezone di Google News

Agar terhindar dari informasi yang tidak benar dan menyesatkan, bagi pekerja yang ingin mengetahui apakah dirinya layak sebagai calon penerima BSU atau tidak, dapat mengakses kanal resmi melalui bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id.

"Saya mengajak seluruh pemberi kerja untuk mengikutsertakan seluruh pekerjanya menjadi peserta BPJamsostek. Karena selain berkesempatan mendapatkan manfaat tambahan seperti BSU ini, tentunya para pekerja juga akan lebih produktif karena terlindungi dari risiko kecelakaan kerja, kematian serta memiliki hari tua yang sejahtera," kata Anggoro.

Sementara itu, menurut data Kemnaker saat ini penyaluran BSU masuk dalam tahap ke III dengan total penerima sebanyak 7.077.550 pekerja.

Rinciannya, pada tahap I telah disalurkan sebanyak 4.112.052 penerima, Tahap II sebanyak 1.607.776, dan tahap Tahap III 1.357.722 penerima.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini