Share

Heboh Pertalite RON 86, Pertamina Beri Penjelasan Lengkap

Noviana Zahra Firdausi, Okezone · Senin 10 Oktober 2022 20:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 10 320 2684161 heboh-pertalite-ron-86-pertamina-beri-penjelasan-lengkap-1eUzdctIGW.jfif Heboh Pertalite RON 86. (Foto: Okezone.com/Pertamina)

JAKARTA - BBM jenis Pertalite kembali mendapat isu miring, karena dianggap tidak memiliki kualitas RON 90. Nilai oktan Pertalite yang beredar di media sosial hanya 86.

Corporate Secretary PT Pertamina Irto Ginting langsung mempertanyakan alat pengujian RON Pertalite tersebut. Menurutnya, alat pengukuran harus akurat yang mengacu kepada metode standar seperti ASTM RON.

Menurut Irto, seluruh pengujian dapat divalidasi dan alat yang digunakan selalu dikalibrasi.

Baca Juga: Viralnya Hasil Uji Pertalite RON 90 Ternyata 86 hingga Penjelasan Pertamina

"Pada gambar tersebut, Pertamina tidak dapat memastikan alat yang digunakan dalam pengujian RON," kata Irto saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Senin (10/10/2022).

Irto menilai unggah tersebut masih belum memberi kejelasan terkait alat yang digunakan. Menurutnya, apabila alat yang digunakan tersebut adalah Oktan Analyzer Portable, maka setidaknya harus tersertifikasi.

"Alat tersebut juga harus terbukti sudah terkalibrasi menggunakan certified reference material secara berkala," terangnya.

Baca Juga: Sempat Turun, Berikut Daftar Harga BBM Pertamina Terbaru per 9 Oktober

Dia mengatakan, Pertamina melalui Balai Besar Pengujian Minyak dan Gas Bumi (Lemigas) telah melakukan uji 6 sample Pertalite di 6 wilayah SPBU di Jakarta. Adapun hasilnya masih sesuai dengan ketentuan.

"Seluruh sample menunjukkan hasil atau spek Pertalite masih sesuai dengan ketentuan Dirjen Migas No. 0486. K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) BBM Jenis Bensin RON 90 yang dipasarkan di dalam negeri," pungkasnya.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Sebelumnya, viral di media social sejumlah unggahan yang menerangkan hasil pengujian nilai oktan Pertalite RON 90, tetapi dituliskan RON 86.

Bermula dari unggahan akun @yo2thok yang menunjukkan sebuah foto alat pengujian Research Octane Number dengan pernyataan Pertalite Ron 90 actual hanya Ron 86.

"Ini namanya perampokan dan aparat melempem seperti kerupuk kena air," tulis postingan tersebut

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini