Share

Kisah Jatuh Bangun Tirto Utomo Membangun Aqua

Clara Amelia, Okezone · Senin 10 Oktober 2022 07:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 10 455 2684137 kisah-jatuh-bangun-tirto-utomo-membangun-aqua-Cz7Q1wJL1P.jpg Kisah Jatuh Bangun Tirto Utomo Membangun Aqua. (Foto: Okezone.com/Independent)

JAKARTA - Kisah jatuh bangun Tirto Utomo membangun Aqua, hingga harus menjual produknya door to door.

Kwa Sien Biauw atau dikenal Tirto Hutomo lahir pada 8 Maret 1930 di Wonosobo dan meninggal dunia pada 16 Maret 1994. Sebagai pendiri Aqua, Tirto memiliki pengalaman jatuh bangun dalam membangun bisnisnya yang menarik dan inspiratif untuk disimak.

Baca Juga: Intip Kekayaan Tirto Utomo Pendiri Aqua, Jual Air Putih Lebih Mahal dari Bensin

Melansir dari berbagai sumber, Senin (10/10/2022), lahirnya Aqua bermula dari adanya pertemuan dengan Raymond Todd, delegasi perusahaan Amerika Serikat pada 1971. Pada pertemuan tersebut, istri Raymond mengalami masalah pencernaan yang disebabkan oleh konsumsi air tidak steril. Kejadian itu memberi ide bagi Tirto untuk menciptakan dan membuka usaha produk air minum kemasan yang steril.

Akibat munculnya ide tersebut, Tirto memutuskan berhenti dari tempat bekerjanya saat itu, yaitu Perusahaan Minyak Nasional (Permina) di kawasan Pangkalan Brandan, Sumatera Utara untuk belajar cara memproses air kemasan bersama saudara-saudaranya.

Baca Juga: Tips Menerapkan Pola Hidup Sehat yang Wajib Anda Terapkan di Masa Pandemi

Untuk mendapat ilmu serta pengalaman dalam memproses air kemasan, Tirto mengutus adik iparnya, Slamet Utomo untuk magang di salah satu produsen air minum kemasan Thailand bernama Polaris. Setelah itu, pada tahun 1973, Tirto mengajak adiknya untuk mendirikan pabrik di Pondok Ungu, Bekasi bernama PT. Golden Mississippi dengan modal Rp150 juta.

Adapun produk air kemasan ini awalnya bernama Puritas. Namun, salah satu konsultan bernama Eulindra Lim menganggap Aqua memiliki asosiasi dan gambaran yang lebih baik, serta mudah diucap dan diingat. Dengan persetujuan Tirto, akhirnya produk air kemasan ini resmi memakai Aqua sebagai mereknya.

Baca Juga: 50 Tahun Berkarya, Indomie Konsisten Hidupkan Inspirasi Indomie untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Diketahui, nama Aqua berasal dari bahasa latin yang memiliki makna air dan juga terinspirasi nama samarannya “A kwa” semasa menjadi wartawan.

Produksi pertama Aqua diluncurkan pada 1974 dalam bentuk kemasan botol kaca berukuran 950 ml dengan harga Rp75 per botol.

Perjuangan dan kerja keras Tirto tak berakhir di situ. Pada awal bisnis ini didirikan dan produk diluncurkan, tak sedikit orang yang menganggap aneh dan memandang rendah bisnis produk air minum kemasan. Kala itu, orang-orang terbiasa minum air termos atau masak air sendiri.

Akhirnya Tirto harus berjuang kembali untuk mengubah pola pikir orang-orang dengan melakukan penjualan door to door.

Dengan jerih payah Tirto yang berbekal ide dan tanpa pengalaman, Aqua akhirnya mulai diterima masyarakat, dikenal masyarakat bahkan hingga saat ini, dan menjadi produk pertama air minum kemasan yang ada di Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini