Share

Integrasikan Transportasi di Jakarta, Erick Thohir Contoh Inggris dan Singapura

Suparjo Ramalan, iNews · Rabu 19 Oktober 2022 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 19 320 2690184 integrasikan-transportasi-di-jakarta-erick-thohir-contoh-inggris-dan-singapura-5hViPWwuoL.jpg BUMN-Pemprov DKI Jakarta Bentuk Perusahaan Patungan untuk Integrasikan Transportasi di Jakarta. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyetujui pembentukan badan usaha baru atau perusahaan patungan (joint venture) antara BUMN dan Pemerintah Pemprov DKI Jakarta. Perusahaan patungan tersebut akan fokus di sektor transportasi.

Erick mencatat, transportasi milik BUMN dan DKI Jakarta perlu diintegrasikan secara total. Meski langkah tersebut sudah dilakukan, namun manajemen dan sistem pelayanannya belum terintegrasi atau masih terpisah-pidah. Karena itu diperlukan payung hukum baru untuk menyatukan aset kedua entitas tersebut.

Baca Juga: Kenaikan Tarif Angkutan Penyeberangan Belum Sesuai Harapan, Ini Langkah Pengusaha

"Kita kan mencontoh di banyak negara lain seperti di Inggris, Singapura ketika transportasi publik ini bersinergi total sehingga mudahkan akses penumpang. Hari ini sudah terjadi, tapi belum maksimal, ini harus kita dorong, karena belum ada payung bersama antara pusat dan daerah," ungkap Erick saat ditemui di Gedung Kementerian BUMN, Rabu (19/10/2022).

Erick menilai payung hukum untuk mengintegrasikan sistem dan manajemen transportasi milik BUMN dan DKI harus digodok sesegera.

Baca Juga: Sistem Tap In Tap Out Transjakarta Bikin Antrean Panjang dan Rugikan Penumpang, Ini Sorotan YLKI

Saat ini proses pembicaraan sudah dilakukan kedua pihak. Langkah tersebut sekaligus mengimplementasikan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memperkuat sistem transportasi di dalam negeri.

Selain menyusun aturannya, Kementerian BUMN tengah melakukan studi percontohan atau benchmarking terhadap sistem transportasi negara lain.

Baca Juga: 50 Tahun Berkarya, Indomie Konsisten Hidupkan Inspirasi Indomie untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Tapi ini harus jadi satu payung hukum, nggak bisa seperti hari ini masih terpisah-pisah. Ini kita lihat seperti di negara-negara lain, kalau negara lain bisa, masa kita nggak bisa. ini proses yabg akan kita lihat, kita benchmarking juga, kalau mau jadi negara maju jangan bikin policy yang side back," ujar dia.

Dalam proses integrasi tersebut, Erick pun memberikan lampu hijau kemungkinan akan dibentuk badan usaha baru yang didalamnya terdapat pihak BUMN dan Pemda DKI Jakarta.

"Ya kira kira begitu (badan usaha baru), ini tentu proses yang akan kita lihat nantinya dan kita akan benchmarking juga. Tadi kalau mau jadi negara maju," kata Erick.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini