Share

Erick Thohir Bocorkan Isi Film Kreatif Karya Para Santri

Suparjo Ramalan, MNC Portal · Senin 31 Oktober 2022 20:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 31 320 2698259 erick-thohir-bocorkan-isi-film-kreatif-karya-para-santri-7SCxOmTgiA.jpg Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Okezone.com/KBUMN)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang juga Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Erick Thohir membocorkan soal proyek film baru yang akan diluncurkan dalam waktu dekat. Film tersebut terkait peran santri dan pesantren di Tanah Air yang diberi judul 'Santri United'

Film tersebut digarap Masyarakat Ekonomi Syariah dan sejumlah industri film dalam negeri. Erick menilai peluncuran film Santri United sebagai bentuk kontribusi MES dalam industri kreatif di dalam negeri.

Baca Juga: Erick Thohir Minta Dukungan Pemberdayaan Santri dan Pesantren, Ini Tujuannya

"Insya Allah tahun depan juga MES akan mendorong ekonomi kreatif yaitu hasil kerja sama dalam membuat film Santri United. Yang akan kita launching-kan Insya Allah di bawah kepemimpinan Pak Wapres (Ma'ruf Amin)," ungkap Erick, Selasa (31/10/2022).

Sebagai orang yang pernah dekat dengan industri hiburan, Erick menilai, Indonesia adalah negara yang diberkahi sineas-sineas kreatif yang akan selalu menghasilkan karya hebat.

Meski industri hiburan menjadi salah satu lini bisnis yang terdampak pandemi, justru momentum ini dapat dibajak dengan menghasilkan ide kreatif dan peluang baru yang bisa membawa industri perfilman Indonesia semakin kuat ke depannya.

Baca Juga: Wapres Ajak Santri Jaman Now Kobarkan Semangat Santri Jadul Jaga Indonesia

"Saya bisa merasakan apa yang menjadi kegelisahan insan perfilman Indonesia di masa pandemi. Namun, saya meyakini, masa sulit adalah magnet dari ide-ide kreatif dan peluang baru yang akan menjadikan industri perfilman akan semakin kuat ke depannya," kata dia beberapa waktu lalu.

Untuk Kementerian BUMN, lanjut Erick, akan menggenjot bisnis perfilman dalam negeri. Melalui, Perum Produksi Negara (PFN), pemerintah akan menggandeng sejumlah industri yang bergerak dalam core business (bisnis inti) serupa.

Baca Juga: BuddyKu Fest: Challenges in Journalist and Work Life Balance Workshop

Follow Berita Okezone di Google News

PFN akan dikonversi menjadi lembaga pembiayaan bagi industri perfilman Indonesia. Dalam skemanya, PFN akan membantu perusahaan film swasta untuk memproduksi film atau konten yang bisa didistribusikan kepada masyarakat.

"Di BUMN sendiri, kami mempunyai Perum Produksi Negara, yang kami sedang jajaki untuk memiliki model bisnis baru yaitu sebagian lembaga pembiayaan film dan konten. PFN juga tidak bisa berdiri sendiri, PFN harus bersinergi dengan BUMN lain dan komunitas untuk dapat bersaing di era digitalisasi seperti saat ini," tutur dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini