Share

Cara Lengkap Daftar PPPK Guru dan Tenaga Kesehatan, Cek di Sini

Shelma Rachmahyanti, MNC Media · Jum'at 11 November 2022 19:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 11 320 2705839 cara-lengkap-daftar-pppk-guru-dan-tenaga-kesehatan-cek-di-sini-44s8nnjd81.jpg Cara Lengkap PPPK Guru dan Tenaga Kesehatan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Cara buat akun di Sscasn.bkn.go.id untuk daftar rekrutmen PPPK guru dan tenaga kesehatan 2022.

Dikutip dari Instagram BKN, Jumat (11/11/2022) Buka laman https://daftar-sscasn.bkn.go.id menggunakan browser Google Chrome atau Mozilla Firefox versi terbaru.

Langkah 1

Cek Indentitas

NIK,

Nomor KK

Nama Lengkap

Tempat Lahir

Tanggal Lahir

Nomor Handphone Aktif

Email Aktif

Periksa kembali apakah semua data sudah benar kemudian masukkan kode CAPTCHA yang sesuai sebelum menekan tombol Lanjutkan.

Baca Juga: BuddyKu Fest: 'How To Get Your First 10k Follower'

Follow Berita Okezone di Google News

Langkah 2

Lengkapi Data

langkah ini bertujuan untuk membandingkan data pelamar di KTP dengan data ijazah.

Data yang digunakan terdiri dari nama lengkap sesuai yang tercantum di ijazah, tempat lahir dan tanggal lahir.

Langkah 3

Cek Ulang Data

Pastikan data yang Anda masukkan sudah benar dan swafoto Anda jelas.

Penguggahan pas foto berlatar belakang merah akan dilakukan bersamaan dengan dokumen persyaratan lainnya setelah memilih formasi.

Pendaftaran akun SSCASN hanya dilakukan bagi pelamar PPPK guru yang belum memiliki akun.

Nama lengkap sesuai dengan yang tercantum di ijazah . Pastikan nama Anda pada ijazah (tanpa gelar) dan Tanggal Lahir pada Ijazah dan jenis kelamin yang dipilih telah benar dan sesuai karena data tersebut akan dijadikan dasar penetapan nomor induk pegawai apabila Pelamar dinyatakan lulus seleksi CASN pada tahun 2022.

Khusus kolom Kab/Kota lahir, cukup ketikan minimal 3 karakter awal saja kemudian klik salah satu dari pilihan yang tersedia (auto complete).

Jika terdapat perbedaan data harap menghubungi layanan Helpdesk Kemendikbudristek melalui: https://guru.pppk.kemendikbud.go.id/contact/contact atau dapat menghubungi call center: 1-500-997

Pendaftaran akun SSCASN hanya dilakukan bagi pelamar PPPK GURU yang belum memiliki akun.

Unggah foto scan KTP atau Surat Keterangan Kependudukan yang sah dan sesuai dengan ketentuan dengan mengklik Choose File, cari foto yang akan diunggah, kemudian klik Open.

Lakukan swafoto dengan klik tombol Ambil Foto, klik Foto Ulang untuk mengulangi swafoto atau klik Simpan Foto jika selesai melakukan swafoto.

Anda mencatat dan menyimpan password tersebut karena akan digunakan untuk login akun SSCASN

Pertanyaan dan Jawaban Pengaman 1, dan Pertanyaan dan Jawaban Pengaman 2. Catat pertanyaan dan jawaban pengaman Anda karena hal ini diperlukan jika suatu waktu mengalami kendala saat mengakses akun SSCASN, seperti lupa password.

Pendaftaran akun SSCASN hanya dilakukan bagi pelamar PPPK Tenaga Kesehatan yang terdata di SISDMK Kemenkes:

Apabila pelamar telah terdaftar pada SISDMK Kemenkes, sistem akan menampilkan pesan data Anda terdapat pada data SISDMK, silakan melanjutkan ke tahap berikutnya.

Apabila pelamar tidak terdaftar pada SISDMK Kemenkes, sistem akan menampilkan pesan data Anda tidak termasuk pada data SISDMK, silakan cek ada anda pada helpdesk jika Anda termasuk dalam thk2, maka silakan masukkan nomor THK2 ANDA untuk melakukan pengecekan.

Helpdesk Kemenkes: https://nakes.kemenkes.go.id/pppk2022.

E-materai dapat diperoleh melalui SSCASN atau melalui distributor resmi yang terafiliasi dengan perum Peruri.

Pendaftaran akun SSCASN hanya dilakukan bagi pelamar PPPK Tenaga Kesehatan yang terdata di SISDMK Kemenkes.

Bagi pelamar pada jabatan yang mensyaratkan surat tanda registrasi (STR) sistem secara otomatis menampilkan kolom STR dan lokasi faskes Anda bekerja saat ini. Kedua data tersebut tidak dapat diubah karena data tersebut bersumber SISDMK Kemenkes.

Pastikan nama yang anda input dalam SSCASN sesuai dengan nama yang terdata dalam SISDMK.

Apabila data pada aplikasi SDMK (Instansi) sudah update namun data pada SSCASN masih belum update maka pelamar dapat menghubungi helpdesk Kemenkes pada laman: https.//link.kemkes.go.id/formheldeskditjennakes.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini