Share

Sederet Keuntungan RI dari KTT G20 di Bali

Heri Purnomo, MNC Portal · Sabtu 12 November 2022 19:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 12 320 2706231 sederet-keuntungan-ri-dari-ktt-g20-di-bali-QXMcaH2dNu.jpg Sederet manfaat KTT G20 untuk Indonesia (Foto: Kemenko Marves)

JAKARTA - Sederet keuntungan yang didapat Indonesia dari KTT G20 di Bali. Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa KTT G20 banyak memberikan dampak bagi perekonomian Indonesia.

Luhut menyampaikan, apa yang dihasilkan dari pertemuan tersebut jika dilihat dari segi ekonomi nilainya akan fantastis.

"Banyak hal yang saya kira lebih dari 361 titik yang kita hasilkan berbagai macam dan itu billion of dollars kalau dihitung dari segi perekonomian," ujar Luhut yang juga menjabat Ketua Bidang Dukungan Penyelenggaraan Acara G20, Sabtu (12/11/2022).

"Baik itu dalam bidang kesehatan, maupun dalam bidang dekarbonisasi, banyak hal lain yang kita capai, misalnya membangun mangorve restorasi, banyak area lain yang kira kita cover di sini," lanjutnya.

Lebih lanjut, Luhut memprediksi kontribusi G20 mencapai USD533 juta atau sekitar Rp7,4 triliun terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia pada 2022, dan sebagian besar akan berputar di Bali.

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

Konsumsi domestik yang didorong oleh rangkaian forum G20 itu diperkirakan naik sampai Rp1,7 triliun dan membangkitkan serapan tenaga kerja hingga 33 ribu orang, terutama pada sektor transportasi, akomodasi, MICE atau meeting, incentive conference exhibition, dan usaha mikro, kecil, dan menengah.

Adapun selama perhelatan ini berlangsung, Luhut mengatakan G20 telah memberikan manfaat ekonomi bagi Indonesia, khususnya di wilayah Bali.

"Kegiatan ini telah memberikan dampak bukan hanya kepada ekonomi Nasional maupun Bali pada khususnya," katanya.

Selain itu, Luhut mengatakan perhelatan ini telah kepercayaan Internasional bahwa Indonesia memiliki peran strategis dalam percaturan global dan merupakan tempat investasi yang strategis.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini