Share

8 Fakta FTX Bangkrut, Raja Kripto Langsung Jatuh Miskin

Clara Amelia, Okezone · Senin 14 November 2022 08:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 13 320 2706481 8-fakta-ftx-bangkrut-raja-kripto-langsung-jatuh-miskin-1Aj0cySL2z.png Raja Kripto Bangkrut. (Foto: Okezone.com/Freepik)

JAKARTA – Raja kripto Sam Bankman jatuh miskin akibat FTX sebagai perusahaan yang dipimpinnya mengalami kebangkrutan. Bahkan Sam Bankman berhenti dari jabatannya yakni CEO FTX.

Dirangkum Okezone, Senin (13/11/2022), berikut fakta-fakta FTX Bangkrut hingga buat raja kripto Sam Bankman jatuh miskin:

1. Posisi Sam Bankman Digantikan John J Ray

CEO FTX Sam Bankman-Fried juga mengundurkan diri sebagai CEO dan digantikan oleh John J. Ray.

2. FTX Mengajukan Kebangkrutan Bab 11

Pemimpin Crypto exchange FTX Sam Bankman mengajukan perlindungan kebangkrutan Bab 11 di AS yang diungkap perusahaan melalui Twitter.

Baca Juga: FTX Bangkrut, Raja Kripto Sam Bankman Jatuh Miskin

3. Pembebasan Segara Bab 11 sebagai Langkah Tepat

“Pembebasan segera Bab 11 adalah langkah tepat untuk memberikan kesempatan kepada Grup FTX untuk menilai situasinya dan mengembangkan proses untuk memaksimalkan pemulihan bagi para pemangku kepentingan,” kata kepala FTX yang baru, Ray.

4. Janji Ray sebagai Upaya Pembebasan Segera Bab 11

“Grup FTX memiliki aset berharga yang hanya dapat dikelola secara efektif dalam proses bersama yang terorganisir. Saya ingin memastikan kepada setiap karyawan, pelanggan, kreditur, pihak kontrak, pemegang saham, investor, otoritas pemerintah, dan pemangku kepentingan lainnya bahwa kami akan melakukan upaya ini dengan tekun, teliti, dan transparan,” lanjut Ray.

Baca Juga: Namanya Dicatut Kripto Pi Network, Wamendag Marah! Itu Ilegal

5. FTX Memiliki Aset dan Kewajiban yang Setara

Melansir CNBC, dalam pengajuan kebangkrutan setebal 23 halaman, FTX memiliki lebih dari 100.000 kreditur, aset dalam kisaran USD10 miliar hingga USD50 miliar, serta kewajiban dalam kisaran USD10 miliar hingga USD50 miliar. Sebagai perbandingan, Lehman memiliki aset lebih dari USD600 miliar dan Enron memiliki USD60 miliar.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

6. Stephen Neal Gagal Jadi Ketua Dewan Baru FTX

Bankman-Fried juga mengindikasikan dia ingin menunjuk Stephen Neal sebagai ketua dewan baru perusahaan. Namun, seorang juru bicara kemudian mengatakan bahwa Neal telah memutuskan untuk tidak bergabung dalam FTX.

“Meskipun merasa terhormat dengan permintaan tersebut, ternyata, sayangnya, dia tidak dapat menjabat di posisi itu karena alasan yang tidak ada hubungannya dengan FTX., Inc., atau mantan CEO-nya.”

7. Faktor FTX Bangkrut dalam Hitungan Hari

Dalam beberapa hari, FTX berubah dari valuasi USD32 miliar menjadi kebangkrutan karena likuiditas mengering, pelanggan menuntut penarikan, dan saingan pertukaran Binance merobek perjanjian tidak mengikatnya untuk membeli perusahaan.

8. Anthony Scaramucci Soal FTX

Anthony Scaramucci, pendiri SkyBridge Capital dan direktur komunikasi Trump, terbang ke Bahama minggu ini untuk membantu Bankman-Fried sebagai investor dan teman. Ketika Scaramucci sampai di sana, katanya, itu tampak di luar titik penyelamatan likuiditas yang sederhana.

Dia mengatakan dia tidak melihat bukti kesalahan penanganan ini ketika dia dan investor lain pertama kali menyaring FTX sebagai mitra bisnis potensial.

"Ditipu, saya kira itu kata yang tepat, tapi saya sangat kecewa karena saya menyukai Sam," kata Scaramucci. “Saya tidak tahu apa yang terjadi karena saya bukan orang dalam di FTX.”

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini