Share

Rumah Rusak Ringan dan Berat akibat Gempa Cianjur Dapat Kompensasi Rp50 Juta

Iqbal Dwi Purnama, MNC Portal · Rabu 23 November 2022 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 23 320 2713252 rumah-rusak-ringan-dan-berat-akibat-gempa-cianjur-dapat-kompensasi-rp50-juta-BRNNuRNdDR.JPG Gempa di Cianjur. (Foto: MPI)

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan akan segera kategorikan rumah rusak ringan hingga berat akibat dari gempa di Cianjur, Jawa Barat.

Dia menyebut rumah warga yang mengalami kerusakan ringan dan sedang akan mendapatkan kompensasi sebesar Rp50 juta. Sedangkan untuk rusak berat akan dibangunkan rumah baru.

"Dirjen Perumahan dan saya kemarin ke sana untuk melihat ada 2.272 itu akan diverifikasi mana yang akan dibangun oleh pupr, kalau ringan dan sedang, akan diberi uang Rp50 juta, tetapi kalau yang runtuh (berat) akan dibangun baru oleh PU," ujar Menteri Basuki saat ditemui di JIExpo Kemayoran, Rabu (23/11/2022).

Menurutnya, untuk dampak yang membuat rumah hingga runtuh atau masuk ke dalam kategori rusak berat harus direlokasi dan dibangun baru dengan bangunan yang tahan gempa.

"Tetapi untuk rusak berat, runtuh, yang harus direlokasi, itu harus dibangun baru dengan standar dan keamanan tahan gempa dari PUPR, itu yang diperintahkan Presiden," ucapnya.

Dia menyebut pembangunan rumah warga itu tidak memakan waktu yang lama.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sebab pihaknya sudah mempersiapkan komponen konstruksi dan siap untuk segera dibangun.

Adapun pemerintah daerah segera menyediakan lahan.

"Sekarang tinggal tergantung Pemda, karena Pemda harus menyiapkan tanahnya, nanti kita land clearing, nanti kita bangun, kalau rumahnya kan cepat," sambungnya.

Untuk anggaran yang dipakai, untuk pemulihan infrastruktur yang rusak akibat gempa Cianjur bersumber dari APBN Kementerian PUPR.

"Kalau ada rumah yang runtuh, perkantoran, masjid, kantor kodim, jembatan, rumah sakit, itu tugas PU untuk memperbaiki," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini