Share

Tawarkan Investasi IKN ke Malaysia, Menteri Basuki: Kami Beri Karpet Merah untuk Sahabat Indonesia

Iqbal Dwi Purnama, MNC Portal · Kamis 01 Desember 2022 08:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 01 470 2718291 tawarkan-investasi-ikn-ke-malaysia-menteri-basuki-kami-beri-karpet-merah-untuk-sahabat-indonesia-GDsy0b738G.JPG Menteri PUPR Basuki Hadimuljono tawarkan investasi IKN ke Malaysia. (Foto PUPR)

JAKARTA - Menteri Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menawarkan peluang investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) kepada negara tetangga Malaysia.

Hal itu disampaikan Menteri Basuki saat menghadiri Forum Investasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan dan Industri Internasional (MITI) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kuala Lumpur, Malaysia,

"Kami ingin melangkah maju bersama dan akan memberikan karpet merah yang lebih merah bagi para investor Malaysia khususnya sebagai sahabat Indonesia," kata Menteri Basuki pada pernyataan tertulisnya, Kamis (30/11/2022).

 BACA JUGA:IKN Kota Cerdas, 6 Sektor Ini Pakai Teknologi Canggih

Adapun saat ini pemerintah tengah berkomitmen dalam memberikan berbagai kemudahan untuk investasi di IKN khususnya KIPP zona 1A, 1B dan 1C dalam tahap awal pengembangan IKN Nusantara.

Menteri Basuki memaparkan, invetasi dibutuhkan sebab anggaran pemerintah yang dialokasikan hanya dapat mencakup sekitar 20% dari total kebutuhan investasi IKN sebesar atau USD30 miliar.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Sedangkan selebihnya 80% akan dipenuhi melalui skema Public Private Partnership (PPP), pendanaan kreatif, investasi swasta dan instrumen lainnya.

"Untuk itu, Pemerintah Indonesia membuka peluang emas bagi investor lokal maupun asing untuk berpartisipasi dalam pembangunan IKN Nusantara ini," lanjutnya.

Menteri Basuki juga meyakinkan calon investor Malaysia untuk tidak perlu ragu untuk berinvestasi di IKN Nusantara.

Sebab pembangunannya sudah dijamin oleh basis legal yang kuat, yakni Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibukota Negara yang didukung oleh mayoritas anggota parlemen.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini