Share

RI Ekspor Ikan Tuna dari Papua ke Jepang hingga Amerika

Binti Mufarida, MNC Portal · Jum'at 02 Desember 2022 16:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 02 320 2719447 ri-ekspor-ikan-tuna-dari-papua-ke-jepang-hingga-amerika-mCHm7QEHWD.jpg Ekspor Ikan Tuna ke Jepang dan Amerika. (Foto: Okezone.com/Setwapres)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin melepas ekspor ikan tuna dari Papua ke Jepang hingga Amerika. Ekspor dikirim dari Pelabuhan Pelindo Jl. Walter Monginsidi Fanoi, Biak Numfor, Provinsi Papua Barat.

“Siang ini saya melihat di sini yaitu, ini kita menyaksikan para nelayan yang menghasilkan terutama ikan tuna dan ikan tuna ini diekspor ke Jepang dan ikan bekunya, ikan segarnya ke Jepang, ikan bekunya ke Amerika,” ungkap Wapres, Jumat (2/12/2022).

Baca Juga: RI Ekspor Ikan Sarden ke Australia Senilai Rp14 Miliar

Wapres mengatakan, untuk sementara jumlah ikan segar yang diekspor masih belum besar dikarenakan peralatan yang terbatas.

“Karena memang masih belum besar ya peralatannya yang untuk bisa diekspor dalam ikan segar itu,” ujarnya.

Baca Juga: Ini Kinerja Ekspor Indonesia Oktober 2022, Terbanyak ke India hingga China

Wapres pun optimis penghasilan para nelayan akan lebih besar seiring dengan penambahan peralatan untuk membekukan ikan segar sehingga nilai ekspor ke negara lain semakin tinggi.

Baca Juga: BuddyKu Fest: 'How To Get Your First 10k Follower'

Follow Berita Okezone di Google News

“Jadi penghasilannya diperkirakan ke depan ini akan lebih besar dan Pak Menteri akan menyiapkan yaitu (peralatan) sendiri disini sehingga nanti bisa diekspor langsung dari sini ke jepang dan juga dari sini ke Amerika, sekarang melalui Ambon melaui Jakarta,” ungkap Wapres.

Bahkan, Wapres optimis jika nilai espor semakin tinggi maka akan menghasilkan devisa negara yang besar. “Diperkirakan apabila aja rencana itu bisa dipenuhi itu hasilnya akan sangat besar sekali, akan menghasilkan selain devisa negara yang besar tetapi juga pendapatan masyarakat,” paparnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini