Share

5 Fakta Menarik BLT BBM Cair di Bulan Terakhir 2022, Cek Lagi Syaratnya

Khairunnisa, Okezone · Minggu 04 Desember 2022 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 03 320 2720061 5-fakta-menarik-blt-bbm-cair-di-bulan-terakhir-2022-cek-lagi-syaratnya-4MTKgVXTZW.png BLT BBM Cair (Foto: Okezone)

JAKARTA - BLT BBM tahap 2 ditargetkan selesai disalurkan dalam 10 hari. Sehingga hal itu harus menjangkau seluruh penerima yang ditugaskan melalui Pos Indonesia sebanyak 20,65 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

BLT ini dicairkan sebanyak 3 juta keluarga penerima manfaat (KPM) atau setara dengan 14% dari 20,65 juta penerima melalui PT Pos Indonesia (Persero).

Dirangkum Okezone, Minggu (4/12/2022), berikut ini fakta BLT BBM cair di bulan terakhir 2022:

1. Syarat Mencairkan

Berikut ini syarat lengkap mencairkan BSU:

- Peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan per Juli 2022

- Mempunyai gaji/upah paling tinggi Rp3,5 juta (Pekerja/Buruh yang bekerja di wilayah dengan upah minimum provinsi atau kabupaten/kota lebih besar dari Rp3,5 juta, maka persyaratan Gaji/Upah tersebut menjadi paling banyak sebesar upah minimum kabupaten/kota atau Provinsi dibulatkan ke atas hingga ratus ribuan penuh); serta dikecualikan untuk PNS, Polri, dan TNI

- Selain itu, pengecualian lainnya juga diterapkan bagi pekerja/buruh yang telah bantuan lain seperti Kartu Prakerja, Bantuan Produktif Usaha Mikro (BLUM), dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Apabila dikemudian hari ditemukan bahwa penerima BSU ternyata tidak memenuhi persyaratan, maka yang bersangkutan wajib mengembalikan dana BSU yang diterima ke Kas Negara. Hal ini sesuai Permenaker Nomor 10 Tahun 2022.

Baca Juga: BuddyKu Fest: 'How To Get Your First 10k Follower'

Follow Berita Okezone di Google News

2. Cara Cek Penerima BLT BBM dengan Mengunjungi Laman cekbansos.kemensos.go.id.

- Buka laman resmi dengan akses http://cekbansos.kemensos.go.id

- Kemudian masukkan nama Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Desa/Kelurahan pada kolom yang tersedia.

- Lalu masukkan nama penerima manfaat sesuai KTP.

- Masukkan 4 huruf kode verifikasi yang tertera dalam kotak kode

- Jika tidak jelas huruf kode, klik kotak kode tersebut untuk mendapatkan kode baru.

- Lalu klik tombol cari.

- Sistem Cek Bansos Kemensos akan mencari nama penerima manfaat sesuai wilayah.

3. Pos Indonesia Menyalurkan Tiga Bantuan Sekaligus

Selain BLT BBM tahap 2 periode November-Desember, Pos Indonesia juga menyalurkan Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) untuk triwulan IV diberikan kepada 10 juta KPM dengan besaran nominal bantuan beragam mulai Rp200 ribu hingga Rp3 jutaan bergantung hak penerima.

Kemudian Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT (bansos sembako) triwulan IV akan disalurkan kepada 18,8 juta KPM, dengan nominal bantuan Rp200 ribu.

Menurut dia, pada periode penyaluran BLT BBM kali ini sangat istimewa karena Pos menyalurkan tiga bantuan sekaligus yang mana pada tahap 2 ini berbarengan dengan penyaluran PKH dan BPNT (bansos sembako).

4. Penyaluran BLT di Wilayah 3T

Terkait penyaluran BLT di wilayah 3T (terpencil, terluar, tertinggal) Harus optimistis petugas Pos telah terlatih mengatasi tantangan yang dihadapi.

“Petugas saat menerima data sudah maping (memetakan) lokasi penerima dan Kantorpos terdekatnya. Kemudian berkoordinasi dengan pemangku daerah untuk penjadwalan penyaluran. Kita menyiapkan transportasi, berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait dan aparat keamanan,” ujarnya

5. BLT BBM tahap 2 ditargetkan selesai disalurkan dalam 10 hari

BLT BBM Tahap 2 dicairkan sebanyak 3 juta keluarga penerima manfaat (KPM) atau setara dengan 14% dari 20,65 juta penerima melalui PT Pos Indonesia (Persero).

Pemerintah menargetkan rampung dalam 10 hari, meski hanya seminggu lebih 3 hari, bantuan ini tetap menjangkau seluruh penerima yang ditugaskan melalui Pos Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini