Share

Momen Sri Mulyani Bertemu Pekerja Wanita di Tambang Freeport Indonesia

Feby Novalius, Okezone · Minggu 04 Desember 2022 21:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 04 320 2720424 momen-sri-mulyani-bertemu-pekerja-wanita-di-tambang-freeport-indonesia-E2DuAAXFjF.png Sri Mulyani Bertemu Pekerja di Tambang Freeport. (Foto: Okezone.com/Instagram)

JAKARTA - Siapa bilang perempuan tidak bisa mengerjakan tugas laki-laki? Termasuk pekerjaan laki-laki di sektor pertambangan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani pun membagikan sedikit kisah wanita Indonesia berprestasi yang bekerja di PT Freeport Indonesia.

"Seperti para cendrawasih perkasa dari @freeportindonesia. Mereka bekerja di dunia tambang yang identik dengan 3M (man, money, and machine)," tulis Sri Mulyani, dalam akun Instagramnya, Minggu (4/12/2022).

Baca Juga: Mau Kerja di Freeport dengan Gaji 3 Digit? Ini 10 Lulusan Kuliah yang Dibutuhkan

Para wanita perkasa ini di antaranya, Lucia, Muhtawagai dan Meliana, dari Learning and Organizational Development. Kemudian Emilia, Paulina dan Nurlaila yang menangani Lingkungan Hidup.

Atau Meilani, Natalia, dan Agatha yang menangani pekerjaan yang lebih teknis, serta banyak lagi lainnya.

"Kiprah para perempuan tangguh ini luar biasa. Seperti Lita Karubaba yang sudah bekerja selama 25 tahun atau Anike marandof 29 tahun. Anike dari Security Risk Management atau Meilani dari General Construction & Special project bekerja di area yang umumnya dilakukan pekerja laki-laki. Mereka juga mematahkan beragam stigma mengenai peran perempuan di lingkungan kerja yang ekstrim," tuturnya.

Baca Juga: Freeport Indonesia Buka Banyak Lowongan Kerja, Buruan Daftar!

Menurut Sri Mulyani, sosok perempuan kini sudah jauh berbeda dengan dahulu. Tidak ada batasan gender dalam berkarya.

"Kita semua dapat terus berkontribusi sebaik mungkin bagi negara dan bangsa, tanpa meninggalkan peran utama sebagai perempuan," ujarnya.

Baca Juga: BuddyKu Fest: 'How To Get Your First 10k Follower'

Follow Berita Okezone di Google News

Sri Mulyani pun menceritakan momen saat bertemu para pekerja Freeport Indonesi. Dirinya berbagi pengalaman sebagai perempuan yang berkomitmen untuk berkeluarga dan di saat yang sama harus menyelesaikan sekolah S3.

"Sangatlah tidak mudah. Namun tidak ada batasan gender dalam berkarya. Kita semua dapat terus berkontribusi sebaik mungkin bagi negara dan masyarakat, tanpa meninggalkan peran utama sebagai perempuan," ujarnya.

"Saya sendiri, selain mengabdi sebagai Menteri Keuangan, saya juga seorang Istri, Ibu, dan eyang dari 4 cucu tercinta. Tanggung jawab yang banyak ini tidak boleh kita tambah dengan beban pikiran yang kita ciptakan sendiri. Kita harus rawat terus passion dan rasa ingin tahu sebagaimana kita merawat orang-orang tercinta dalam hidup kita," sambungnnya.

Dirinya pun mengapresiasi perusahaan tambang yang mendukung pengarusutamaan gender dengan memberikan pria maupun wanita kesempatan yang sama dalam berkarir, berkembang, dan berkeluarga.

"Saya harap jumlah karyawan wanita dapat terus ditambah ke depannya," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini