Share

Segera Beroperasi, Kereta Cepat Bikin Jakarta-Bandung Jadi Komuter

Antara, Jurnalis · Selasa 06 Desember 2022 15:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 06 320 2721672 segera-beroperasi-kereta-cepat-bikin-jakarta-bandung-jadi-komuter-bYx5wcEksd.JPG Kereta Cepat Jakarta-Bandung. (Foto: MPI)

JAKARTA - Kehadiran Kereta Cepat yang bakal beroperasi pada 2023 membuat Jakarta-Bandung sebagai komuter.

"Tujuan Kereta Cepat Jakarta-Bandung nantinya antara Jakarta dan Bandung akan menjadi commuter," ujar Staf Khusus (Stafsus) Menteri BUMN Arya Sinulingga dikutip Antara, Selasa (6/12/2022).

Dia mengatakan dengan menjadi koridor komuter atau terhubungkan secara cepat melalui jaringan kereta, maka akan mengubah semua perilaku dan budaya mobilitas masyarakat khususnya di kedua wilayah tersebut.

 BACA JUGA:Ada Kereta Cepat, Erick Thohir Buka Opsi KA Argo Parahyangan Angkut Barang

Menurutnya, penempatan stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) di Tegalluar juga bertujuan untuk mendorong pengembangan baru di wilayah tersebut.

Dia pun menjelaskan kehadiran Kereta Cepat Jakarta-Bandung tentunya akan menimbulkan dampak positif berantai terutama pertumbuhan ekonomi di kedua kota yang diperkirakan dapat meningkat secara signifikan.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Sebagai informasi, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyatakan komitmennya untuk selalu mengedepankan tata kelola perusahaan yang baik dalam proses pengerjaan proyek KCJB.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menyampaikan KAI berkolaborasi dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk mewujudkan akuntabilitas pembangunan proyek KCJB agar dapat dipertanggungjawabkan.

Proyek KCJB merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional yang tercantum pada Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 93 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 107 Tahun 2015 tentang Percepatan Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Kereta Cepat antara Jakarta dan Bandung.

Adapun KAI ditugaskan oleh pemerintah sebagai pemimpin konsorsium PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI) yang menjadi mitra dari Beijing Yawan HSR Co Ltd di dalam PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini