Share

Vox Media PHK 130 Karyawan, Susul CNN hingga NBC

Noviana Zahra Firdausi, Okezone · Senin 23 Januari 2023 07:44 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 23 320 2751200 vox-media-phk-130-karyawan-susul-cnn-hingga-nbc-yaKkmWpQi6.jpg PHK massal Vox Media (Foto: Okezone)

JAKARTA - Vox Media akan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap 7% karyawannya. Berdasarkan memo Kepala Eksekutif Jim Bankoff, perusahaan berita Vox dan The Verge akan melakukan PHK terhadap 130 orang.

Dilansir dari CNN, Senin (23/1/2023), perusahaan mengirim email kepada karyawan yang terkena PHK. Kemudian meminta karyawan membahas mengenai pesangon dengan staf HRD.

Bankoff menjelaskan bahwa PHK terpaksa dilakukan karena kondisi ekonomi berdampak pada bisnis dan industri media.

“Kami mengalami banyak tekanan ekonomi dan keuangan yang sama dengan yang dihadapi orang lain di industri media dan teknologi,” kata Bankoff dalam memonya.

Serikat pekerja yang mewakili karyawan Vox Media geram atas pengumuman tersebut.

“Kami sangat marah dengan cara perusahaan melakukan PHK ini, dan saat ini sedang mendiskusikan cara terbaik untuk melayani mereka yang baru saja kehilangan pekerjaan,” kata serikat pekerja dalam tweet.

Baca Juga: 50 Tahun Berkarya, Indomie Konsisten Hidupkan Inspirasi Indomie untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Sektor media dan teknologi telah terpukul dalam beberapa bulan terakhir karena pengiklan memperketat pengeluaran di tengah ketidakpastian ekonomi yang lebih luas. Hal ini telah menyebabkan PHK di industri tersebut.

Perusahaan induk Google, Alphabet, pada hari Jumat bergabung dengan raksasa Teknologi Besar Meta, Amazon, dan Microsoft dalam mengumumkan PHK. Alphabet mengatakan telah membuat keputusan untuk menghilangkan 6% dari tenaga kerjanya, yang berarti sekitar 12.000 pekerjaan.

Di seluruh industri berita, PHK merajalela. CNN, NBC News, MSNBC, Gannett, dan lainnya telah memangkas tenaga kerja mereka. The Washington Post juga diharapkan segera mengumumkan pengurangan staf.

Raksasa hiburan, seperti Warner Bros. Discovery (perusahaan induk CNN) dan Paramount Global, juga memangkas tenaga kerja mereka.

Bankoff mengatakan ekonomi yang sulit telah memaksa Vox Media untuk fokus pada bisnis intinya.

“Sayangnya, dalam iklim ekonomi seperti ini, kami tidak dapat mempertahankan proyek dan area bisnis yang belum berjalan seperti yang diharapkan, kurang inti dari peluang terbesar yang kami lihat di tahun-tahun mendatang, atau di mana kami tidak memiliki alasan yang cukup untuk mendukung investasi berkelanjutan dalam apa yang bisa menjadi penurunan yang berkepanjangan, ”tulisnya kepada staf.

“Terlepas dari dedikasi banyak orang berbakat yang terlibat dalam inisiatif ini,” tambah Bankoff, “kita perlu menguranginya.”

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini