Share

Nilai Ekonomi Sejumlah Industri Tembus Ribuan Triliun, Erick Thohir Singgung Posisi BUMN

Suparjo Ramalan, MNC Portal · Selasa 24 Januari 2023 11:38 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 24 320 2751846 nilai-ekonomi-sejumlah-industri-tembus-ribuan-triliun-erick-thohir-singgung-posisi-bumn-uYndqf6Z4x.jpg Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Okezone/BUMN)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan bahwa nilai ekonomi dari sejumlah industri di dalam negeri mencapai ratusan hingga ribuan triliun rupiah.

Maka itu perusahaan negara bisa menangkap potensi ekonomi tersebut. Nilai ekonomi di sektor kuliner mencapai Rp481 triliun. Sementara industri fesyen menyentuh angka Rp187 triliun.

"Nah, sekarang posisi BUMN di mana? Sejak awal saya bilang ke BUMN, kita itu benteng ekonomi nasional, BUMN harus sehat supaya apa? BUMN bisa intervensi market kalau market-nya tidak seimbang," ungkap Erick, Selasa (24/1/2023).

Untuk nilai ekonomi digitalisasi diperkirakan mencapai Rp4.500 triliun pada tahun 2030.

Di sektor pariwisata, lanjut Erick, wisatawan mancanegara (wisman) mampu menyumbang devisa kepada negara sebesar Rp300 triliun. Sedangkan wisatawan negeri berkontribusi Rp1.270 triliun.

"Angkanya, yang asing Rp300 triliun, dalam negeri Rp1.270 triliun kalau gak salah. Jadi dari data-data, total pariwisata itu mayoritas turis lokal yang melakukan traveling," kata dia.

Erick menilai pemaksimalan seluruh sektor industri di Tanah Air akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional secara signifikan. Lantaran, memiliki nilai ekonomi tinggi hingga mampu menyerap tenaga kerja dengan jumlah yang banyak.

Baca Juga: 50 Tahun Berkarya, Indomie Konsisten Hidupkan Inspirasi Indomie untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Dia menyinggung salah satu industri yang belum dimanfaatkan secara maksimal adalah perikanan. Padahal, 75% dari total geografis Indonesia adalah lautan. "Belum ikan, 75% kita laut, tapi industrialisasi perikanannya ya belum," ucapnya.

Untuk memaksimalkan seluruh potensi, Erick meminta BUMN mengambil langkah strategi. Salah satunya menggandeng investor global.

"Dan kita barter dengan global players, sehingga kita bisa jadi lokomotif bagi privat sector ataupun UMKM. Karena itu, mentalitas BUMN juga, saya selalu tekankan, akhlak, amanah. Jangan perspektif BUMN korupsi, hutang, padahal nggak. Inilah yang harus kita lakukan," tukas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini