Share

BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem 9 Februari, Kementerian PUPR Siaga Satu

Iqbal Dwi Purnama, MNC Portal · Senin 06 Februari 2023 10:04 WIB
https: img.okezone.com content 2023 02 06 320 2759695 bmkg-prediksi-cuaca-ekstrem-9-februari-kementerian-pupr-siaga-satu-xGYXC3MFCl.jpg Kementerian PUPR Antisipasi Cuaca Ekstrem. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Badan Meteorologi klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksikan terjadi cuaca ektrem pada 9 Februari.

Menyikapi prediksi tersebut, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan perbaikan pada Bendung Oesao, Kupang untuk mengantisipasi dampak dari cuaca ekstrem tersebut.

Baca Juga: Waspada! Cuaca Ekstrem Intai 19 Provinsi Sepekan ke Depan, Ini Penyebabnya

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi Industri dan Lingkungan Endra S Atmawidjaja mengatakan, Bendungan Oesao mengalami kerusakan pasca adanya hujan dengan intensitas tinggi pada 3-4 februari lalu.

Kementerian PUPR juga mengirimkan tim survei ke lokasi bencana untuk melakukan pendataan infrastruktur irigasi yang mengalami kerusakan akibat debit sungai yang besar.

Baca Juga: Warga Yogyakarta Waspada! BMKG Prediksi Hujan Sedang-Lebat dan Gelombang Tinggi

"Tim dari Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara II Kementerian PUPR juga telah mempersiapkan bahan banjiran berupa bronjong, geobag dan alat berat excavator apabila dibutuhkan untuk Sungai Oesao dan sungai-sungai lainnya," ujarnya, Senin (6/2/2023).

Dari data hasil survei di lapangan, terdapat kerusakan di sayap kanan dan kiri Bendung Oesao yang patah, termasuk Kolam Olak juga mengalami kerusakan.

"Tebing dan sayap bendung kanan dan kiri yg rusak kira-kira sepanjang 42 meter sebelah kanan dan 30 meter sebelah kiri yang rusak," sambungnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Berdasarkan catatan Stasiun Pos Curah Hujan Naibonat pada 4 Februari 2023 , curah hujan mencapai 95 mm/hari, sehingga tinggi muka air di atas Mercu Bendung melebihi atau di atas 0,3 m pada tanggal 04 Februari 2023 pukul 14.00 Wita.

Untuk selanjutnya, BWS Nusa Tenggara II Kementerian PUPR akan terus memonitor perkembangan di lapangan untuk segera dibuatkan pelaporan bencana kepada Posko Pusat Bencana Dirjen SDA Kementerian PUPR.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini