Share

RI Butuh 22 Tahun untuk Keluar dari Jebakan Middle Income

Ikhsan Permana, MNC Portal · Rabu 08 Februari 2023 08:35 WIB
https: img.okezone.com content 2023 02 08 320 2761006 ri-butuh-22-tahun-untuk-keluar-dari-jebakan-middle-income-BKrjLJSEpi.jpeg Butuh 22 tahun Indonesia keluar dari middle income trap (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Indonesia membutuhkan waktu untuk keluar dari jebakan negara berpendapatan menengah atau middle income trap. Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengungkapkan, butuh waktu 22 tahun lagi untuk Indonesia keluar dari middle income country menjadi negara berpendapatan tinggi (high income country).

Dia mengungkap Indonesia sudah terjebak selama 30 tahun di dalam middle income trap atau terjebak dalam pendapatan menengah.

"Kalau hitungan secara kalkulasi ekonomi yang linear, Indonesia membutuhkan waktu 22 tahun untuk sampai pada high economy tetapi mudah-mudahan kita bisa lebih cepat,” kata Suharso dikutip Rabu (8/2/2023).

Suharso menjelaskan, pada saat dilanda pandemi, Indonesia terdorong ke lower middle income country, namun pada 2022 lalu, Indonesia kembali menjadi upper middle icome country.

"Dan kita baru saja masuk dari low middle income menjadi upper middle income, kira-kira baru tahun lalu di angka USD4.200 per kapita," jelasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Suharso memaparkan, sejumlah upaya dilakukan pemerintah agar bisa mencapai pendapatan tertinggi masyarakat.

"Salah satu upaya kita untuk mencapai itu adalah transformasi tata kelola. Transformasi tata kelola ini dibangun dari berbagai aspek yang saling berkaitan yaitu tata kelembagaan, tata regulasi, sumber daya manusia, relasi antara aktor pemerintah dan non-pemerintah serta transformasi digital," pungkasnya.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini