Share

5 Profesi Pria yang Kini Mulai Digeluti Perempuan

Tika Vidya Utami, Litbang Okezone · Senin 06 Maret 2023 17:40 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 06 455 2776361 5-profesi-pria-yang-kini-mulai-digeluti-perempuan-1kPHFiA1uS.JPG Ilustrasi profesi wanita. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Deretan profesi pria yang kini mulai digeluti perempuan. Saat ini, semua profesi dapat dilakukan oleh perempuan maupun laki-laki. 

Sejak emansipasi, semakin banyak kesempatan untuk para perempuan dapat menekuni pekerjaan yang dahulunya hanya dapat dilakoni seorang laki-laki. 

Dirangkum MNC Portal Indonesia (MPI), berikut deretan profesi pria yang saat ini mulai digeluti perempuan, Senin (6/3/2023):

1. Masinis

Profesi pengemudi kereta masih identik dengan pria. Namun seiring perkembangan zaman, stigma tersebut luntur. 

Bahkan di negara Arab Saudi, terdapat perempuan yang bekerja sebagai masinis. Diketahui, perempuan Arab Saudi baru mendapat hak untuk mengemudi pada 2018.

Tharaa Ali adalah seorang perempuan yang berprofesi sebagai masinis kereta api berkecepatan tinggi di Arab Saudi. 

Pada 2022, dia bergabung dengan 28.000 pelamar yang memperebutkan hanya 32 posisi perempuan di Haramain High Speed Railway. 

Kereta tersebut menempuh rute 450 kilometer antara kota suci Makkah dan Madinah. Kereta mempunyai kecepatan hingga 300 kilometer per jam. 

Tharaa Ali pun terpilih menjadi seorang masinis. Pertama kali bekerja, dia seperti bermimpi. 

Perasaan takut serta cemas menyelimutinya, namun dengan waktu serta latihan yang rajin,  dia pun menjadi percaya diri.

Tharaa Ali dipercaya mengemudikan kereta api berkecepatan tinggi yang mengangkut jamaah ke Makkah.

 BACA JUGA:

2. Sopir Bus

Sopir bus adalah pekerjaan yang juga identik dengan laki-laki. Kini, profesi tersebut banyak pula digeluti oleh perempuan. 

Salah satu sopir bus perempuan adalah Liena Ozora. Diketahui, Liena Ozora merupakan sopir bus PO Agra Mas. 

Sebelum menjadi sopir bus, Liena adalah seorang pekerja kantoran. Dia terpaksa menjadi sopir bus karena harus menghidupi ketiga anaknya.

Pada 2021, dia memberanikan diri melamar menjadi sopir bus PO Agra Mas. Setelah mengikuti tahapan seleksi yang ketat, Liena pun lolos. 

Setelah menjadi sopir bus Agra Mas, dia tidak langsung membawa bus seorang diri, melainkan masih didampingi oleh dua pengemudi profesional. Liena kerap bertugas di trayek Wonogiri-Jakarta.

 

Follow Berita Okezone di Google News

3. Pilot

Di industri penerbangan yang didominasi laki-laki, kaum perempuan makin menunjukkan sepak terjangnya. 

Walaupun jumlahnya masih kalau jauh dibandingkan laki-laki, namun di Amerika Serikat terdapat peningkatan jumlah pilot perempuan dalam beberapa dekade terakhir.

Salah satu pilot perempuan yang populer adalah Mia Biilman Larsen. Dia menerbangkan pesawatnya ke Greenland, wilayah yang terletak di antara lautan Kutub Utara dan Samudera Pasifik. Mia tumbuh dalam keluarga pilot. 

Pada 2019, dia memulai pelatihan pilot di Denmark. Setelah selesai, ia bergabung dengan AirZafari, perusahaan milik orangtuanya. 

Mia mengatakan, setiap hari dirinya mempunyai pekerjaan untuk berbagai pengalaman yang penuh petualangan. 

Terdapat banyak momen yang dikenang Mia ketika menjadi seorang pilot. Namun salah satu momen yang istimewa adalah terbang ke Nuuk, ibu kota kampung halamannya bersama orang tuanya.

4. Nakhoda

Keberadaan perempuan Indonesia sebagai nakhoda bukanlah hal baru. Meskipun jumlahnya segelintir, namun kaum perempuan telah mencatatkan sejarah lewat kehadiran nakhoda perempuan pertama di Indonesia. Ia adalah Entin Kartini. 

Saat menjalankan pekerjaannya sebagai nakhoda, ia harus rela meninggalkan anaknya.

Pada 1965, Entin Kartini memulai pendidikan di AIP (AKademi Indonesia Pelayaran). 

Setelah lima tahun menempuh pendidikan, ia pun lulus pada 1970 dengan pangkat Mualim Pelayaran Besar. 

Profesi suaminya yang juga seorang pelaut membuat Entin tertantang untuk mendapat posisi lebih di kapal. Atas dukungan yang diberikan keluarga, Entin tak hanya menyelesaikan MPB 2, bahkan dirinya menjadi seorang kapten kapal pada 1977. 

Entin mengaku, semua momen di laut menarik untuknya. Salah satu pengalamannya yaitu saat melakukan perjalanan Indonesia-Hong Kong melalui Laut China Selatan yang menghadapi badai taifun. Capt Entin Kartini mendapat penghargaan sebagai tokoh wanita paling inspiratif maritim 2019 dari Women In Maritime Indonesia.

5. Teknologi

Amanda Surya merupakan seorang engineer asal Indonesia yang bekerja di kantor pusat Google. 

Saat ini, dirinya menjabat sebagai Lead Technical Program Manager Google Assistant. Amanda memulai kariernya di bidang teknologi sejak 2007. 

Dia telah terlibat dalam membantu meluncurkan aplikasi, seperti Google Apps, Google Maps, Nets hingga Youtube.

Amanda menjadi Lead Technical Manager sejak 2018. Setelah lulus kuliah, Amanda pernah bekerja sebagai software engineer untuk perusahaan AT&T serta Bank of America. 

Kariernya yang mumpuni pun membuat Google menawarkan posisi untuknya. 

Saat itu, Google menawarkan posisi sebagai Developer Relation pada 2007.

1
3
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini