Share

Menkop Teten: Minyak Makan Merah Hanya untuk Koperasi Petani

Ikhsan Permana, MNC Portal · Kamis 23 Maret 2023 11:39 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 23 320 2785999 menkop-teten-minyak-makan-merah-hanya-untuk-koperasi-petani-MbLH4uo5VE.jpg Minyak makan merah hanya untuk koperasi petani (Foto: Setkab)

JAKARTA - MenkopUKM Teten Masduki menegaskan minyak makan merah hanya untuk koperasi petani. Dia tidak akan mengizinkan perusahaan besar memproduksi minyak makan merah.

"Pak Presiden sudah minta ini afirmasi untuk petani sawit, kalau yang besar dikasih izin habislah, jadi tidak akan dikasih izin (pengusaha besar) saya akan berikan hanya untuk koperasi petani saja," kata Teten di Jakarta, Kamis (23/3/2023).

Menurut Teten adanya program minyak makan merah adalah untuk memberikan kesempatan usaha yang sama kepada para petani agar industri sawit tidak hanya dikuasai oleh pengusaha-pengusaba besar saja.

"Jadi ini petani-petani sawit yang menguasai 41% lebih lahan sawit ini kan sekarang kita berikan kebijakan afirmasi, mereka tidak hanya menjual TBS-nya tapi bisa membuat CPO sampai minyak goreng yang siap dipasarkan," ujarnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dia menambahkan, dari segi teknologi, minyak makan merah lebih ekonomis namun minyak yang dihasilkan lebih sehat bahkan bisa mencegah stunting.

"Jadi si petani nanti akan lebih mendapatkan kesejahteraan. Jadi bukan hanya jual TBS tapi ada hilirisasi," pungkasnya.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini