>

Bumi Plc Putuskan Penawaran Bakrie Tahun Depan

|

Widi Agustian - Okezone

Nat Rothschild-Prabowo Subianto-Aburizal Bakrie. (Foto: Feri/Okezone)

Bumi Plc Putuskan Penawaran Bakrie Tahun Depan
JAKARTA - Bumi Plc akan memutuskan untuk melepas atau tidak aset pertambangannya di Indonesia, PT Bumi Resources Tbk (BUMI) dan PT Berau Coal Energy Tbk (BRAU) pada tahun depan.

Sebelumnya, Grup Bakrie mengajukan proposal, yakni untuk melepas kepemilikan di Bumi PLC sebesar 23,8 persen untuk ditukar dengan 10 persen kepemilikan di Bumi Resources.

Pada proposal tahap kedua, Grup Bakrie akan membeli 18,9 persen sisa saham Bumi PLC di unit usaha Indonesia senilai USD278 juta atau setara Rp2,6 triliun (Rp9.600 per USD). Bakrie kemudian dapat mengendalikan 29 persen saham Bumi Resources dan tidak perlu berhubungan dengan Bumi PLC.

Dalam proposal tahap ketiga, Bakrie akan membeli aset tambang lain milik Bumi PLC, yakni 85 persen saham di PT Berau Coal Energy senilai USD950 juta (Rp9,1 triliun).

Chairman Bumi Plc Samin Tan mengatakan, proses pengkajian atas proposal Bakrie ini kemungkinan akan memakan waktu sampai tahun depan. Manajemen, kata Samin Tan, juga akan menunggu hasil investigasi sementara proposal Bakrie dipelajari oleh advisornya, yakni Rothschild Group.

"Semua transaksi hanya akan dilakukan pada kuartal pertama awal tahun depan. Mengingat kemajuan dari investigasi masih minim dan diperlukannya izin untuk pelepasan aset," kata Samin Tan kepada The Wall Street Journal, seperti dikutip Okezone, Sabtu (17/11/2012).

Bumi telah menunjuk firma hukum asal Londong, Inggris, Macfarlanes untuk menyelidiki penyimpangan keuangan senilai lebih dari USD500 juta di BUMI dan BRAU.

Sebelumnya, Nat Rothschild sudah memberikan proposal tandingan kepada Bumi Plc untuk mencegah Grup Bakrie mengambilalih PT Bumi Resources Tbk (BUMI) dan PT Berau Coal Energy Tbk (BRAU).

Tak tanggung-tanggung, Rothschild pun dikabarkan menggandeng beberapa pihak di Indonesia, salah satu yang ditemuinya adalah Prabowo Subianto. Prabowo adalah Ketua Umum Partai Gerinda, dia juga disebut-sebut sebagai salah satu kandidat presiden Indonesia. Selain itu, Prabowo merupakan mantan menantu dari Presiden Soeharto.

Rothschild dan Bakrie telah bertengkar sejak berdirinya Bumi Plc terkait bagaimana mengelola perusahaan. Harga saham Bumi Plc sendiri telah jatuh lebih dari 70 persen sejak awal pencatatannya. (wdi)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pertamina-BUMN Migas Angola Sepakat Kembangkan Bisnis