Pertagas Bakal Bangun Pipa Senilai USD550 Juta

Rabu, 13 Februari 2013 16:03 wib | Iwan Supriyatna - Okezone

Ilustrasi. (Foto: Reuters) Ilustrasi. (Foto: Reuters) JAKARTA - Pertamina Gas (Pertagas), anak usaha PT Pertamina (Persero) akan membangun jaringan distribusi pipa gas dari Lhok Sukon dan Arun Aceh menuju terminal penampung dan regastifikasi Belawan, Sumatera Utara. Rencana pembangunan jaringan distribusi pipa gas tersebut diperkirakan memiliki nilai investasi USD550 juta.

"Nilai investasi sekira USD550 juta, dilakukan selama dua tahun," kata Direktur Utama Pertamina Gas Gunung Sardjono Hadi, di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Rabu (13/2/2013).

Gunung mengatakan, nantinya pasokan gas tersebut akan digunakan untuk pasokan industri di Aceh dan Pupuk Iskandar Muda. Dia menjelaskan, untuk awalan akan dipasok gas 200 juta kaki kubik per hari.

Pembangunan proyek tersebut sebut Gunung, bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Saat ini, status proyek tersebut telah mendapat izin dari Pemerintah Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. "Statusnya saat ini izin prinsip dari provinsi Sumatera Utara, Gubernur Aceh dan untuk bangun regasifikasi ini," katanya.

Menurutnya, proyek ini akan selesai pada 2014, dan untuk pengadaan pipanya Pertagas memanfaatkan industri pipa dalam negeri, panjang pipa yang diperlukan untuk proyek gas tersebut 370 kilometer (km).

"Kami tetap tender tapi Kita mengupayakan tetap berpihak menggunakan produk dalam negeri. Jarak 370 km panjang pipa," tukas dia. (mrt)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA ยป