Share

Aceh Catatkan Tingkat Optimisme Terendah

Salman Mardira, Okezone · Selasa 07 Mei 2013 15:28 WIB
https: img.okezone.com content 2013 05 07 320 803532 P2IFjZSsqZ.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

BANDA ACEH - Tingkat optimistis warga Aceh terhadap kondisi ekonominya selama triwulan I-2013 menduduki peringkat tiga paling bawah di Indonesia. Indeks Tendensi Konsumen (ITK) di provinsi itu hanya 104,77 atau masih berada di bawah rata-rata optimisme konsumen secara nasional sebesar 104,7.

"Tingkat optimisme Aceh ini terendah ke tiga di Indonesia setelah Nusa Tengggara Timur dan Papua," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh, Hermanto di Banda Aceh, Selasa (7/5/2012).

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Melemahnya tingkat optimisme masyarakat Aceh terhadap ekonominya dalam triwulan pertama didorong oleh menurunnya pendapatan rumah tangga dengan indeks 105,48. Tingkat konsumsi rumah tangga terhadap komoditas bahan makanan, makanan jadi dan belum jadi juga menurun, akibat pengaruh inflasi.

"Persepsi konsumen ini didukung oleh data tingkat inflasi yang tercatat mulai menanjak dari Desember 2012," sebut Hermanto.

Pihaknya memperkirakan tingkat optimisme masyarakat akan naik lagi dalam triwulan ini, terlebih daya serap Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Aceh (APBA) akan terus meningkat yang sangat mempengaruhi perekonomian Aceh secara keseluruhan.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini