Share

BNI Tak Khawatir Aturan Pembatasan KPR

Meutia Febrina Anugrah, Jurnalis · Minggu 06 Oktober 2013 10:52 WIB
https: img.okezone.com content 2013 10 06 471 877253 5Aj3Dlmiza.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) optimistis kredit kepemilikan rumah (KPR) akan tetap melaju kencang kendati ada aturan pembatasan baru (loan to value/LTV).

Vice President Consumer Landing Banking BNI Indrastomo Nugroho mengatakan, pihaknya tidak terlalu mengkhawatirkan aturan LTV ini kendati memang berpotensi menggerus KPR.

"Kita tidak terlalu mengkhawatirkan LTV. Aturan tersebut tersebut memang berpotensi memperlambat laju pertumbuhan KPR BNI. Namun, tidak terlalu signifikan. Akan tetapi, pertumbuhan KPR BNI saat ini dinilai kencang," kata dia di Jakarta.

BNI pun terus menggenjot laju KPR-nya. Salah satu caranya, pihaknya bersama dengan Real Estate Indonesia (REI) berencana meluncurkan program penanggulangan kredit dalam waktu dekat ini.

Aturan Bank Indonesia (BI) soal pengetatan aturan penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) atau loan to value (LTV) untuk rumah kedua dan ketiga akan menghambat penyaluran KPR.

Untuk itu,  pemerintah diusulkan membentuk land bank atau bank tanah untuk mengontrol harga tanah. tanah tersebut, lanjut dia, bisa digunakan untuk membangun rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR)

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini